ADVERTISEMENT

Mendagri Berjanji Tidak Akan Intervensi Terhadap Kerja Tim Seleksi Calon Anggota KPU dan Bawaslu

Selasa, 12 Oktober 2021 23:35 WIB

Share
Mendagri Muhammad Tito Karnavian saat memberikan keterangan bersama Tim Seleksi KPU. (foto: Kemendagri)
Mendagri Muhammad Tito Karnavian saat memberikan keterangan bersama Tim Seleksi KPU. (foto: Kemendagri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian  menegaskan, pihaknya akan mendukung kerja Tim Seleksi (Timsel)  dalam melakukan rekrutmen calon Anggota KPU dan Bawaslu untuk masa jabatan 2022-2027.

Itu disampaikan Mendagri, Selasa (12/10/2021), saat menyerahkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 120/P Tahun 2021 tentang Pembentukan Tim Seleksi Calon Anggota KPU Masa Jabatan Tahun 2022-2027 dan Bawaslu Masa Jabatan Tahun 2022-2027, kepada anggota Tim Seleksi terpilih.

Dia menegaskan, Tim Seleksi tersebut bekerja secara independen. Kemendagri, lanjutnya, hanya akan memberikan masukan berupa berbagai terobosan kreatif untuk mendukung penyelenggaran Pemilu.

Mendagri Tito Karnavian berjanji bahwa pihaknya tidak akan ikut campur, tidak akan intervensi terhadap kerja TIm Seleksi Calon Anggota KPU dan Bawaslu. Tim ini independen.

"Dari Kemendagri tentunya tidak (ikut) campur, mengintervensi kerja, dan ini (Tim Seleksi) adalah kerjanya yang independen,” terang Mendagri.

Di lain sisi, Mendagri berharap, siapa pun yang terpilih menjadi Anggota KPU dan Bawaslu masa jabatan 2022-2027, adalah sosok yang sehat secara jasmani, rohani, dan kuat dari berbagai tekanan.

 "Hal itu penting, mengingat pada 2023 hingga 2024 menjadi momen tahun politik yang memiliki beban kerja tak ringan," papar Mendagri.

Selain itu, mereka yang terpilih juga diharapkan, merupakan sosok yang dapat bekerja sama, baik dalam tim maupun instansi terkait lainnya dengan tetap bekerja secara independen.

"Ada pemilihan Presiden-Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, legislatif tingkat I, tingkat II, dilakukan secara serentak, dilanjutkan dengan pilkada serentak di seluruh wilayah Indonesia, kecuali Jogja dan daerah tingkat II di DKI, jadi sangat banyak,” ujar Mendagri.

Adapun daftar Anggota Tim Seleksi tersebut di antaranya:
1. Juri Ardiantoro (Ketua merangkap Anggota)
2. Chandra M. Hamzah (Wakil Ketua merangkap Anggota)
3. Bahtiar (Sekretaris merangkap Anggota)
4. Edward Omar Sharif Hiariej (Anggota)
5. Airlangga Pribadi Kusman (Anggota)
6. Hamdi Muluk (Anggota)
7. Endang Sulastri (Anggota)
8. I Dewa Gede Palguna (Anggota)
9. Abdul Ghaffar Rozin (Anggota)
10. Betti Alisjahbana (Anggota)
11. Poengky Indarty (Anggota)

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT