ADVERTISEMENT

Wow, Biaya Comitmen Fee Formula E Menyusut dari Rp2,4 Triliun, Ada Apa Gerangan, Jakpro?

Kamis, 7 Oktober 2021 10:00 WIB

Share
Mobil Formula E
Mobil Formula E

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Biaya comitmen fee Formula E, turun menjadi Rp560 miliar dari sebelumnya Rp2,4 triliun untuk tiga musim, 2022, 2023 dan 2024. Hal itu, dilakukan setelah PT. Jakarta Propertindo (Jakpro) melakukan renegoisasi dengan Formula E Operation (FEO).

Direktur Utama PT Jakpro, Widi Amanasto mengatakan, bahwa di masa pandemi Covid-19 ini bahwa bussines plan awal yang kita bikin akan sulit terlaksana. Karenanya, ia pun kembali melakukan negoisasi ulang terhadap comitmen fee.

"Berat sekali untuk kami laksanakan. Itu dua malam lanjut terus. Zoom meeting terus kita," kata Widi saat ditemui di DPRD DKI Jakarta, Rabu (6/10/2021).

Sementara itu, Direktur Manajemen Aset PT Jakpro, Gunung Kartiko, menjelaskan mengenai comitmen fee Jakarta. Menurut dia, commitment fee Formula E akan kembali kepada tuan rumah penyelenggara dalam bentuk biaya operasional FEO.

Gunung mencontohkan, biaya tersebut akan digunakan untuk pengiriman mobil balap, kru hingga pembalap Formula E itu sendiri.

"Orang berpikir commitment fee untuk berkomitmen sesuatu. Padahal, commitment fee itu balik ke tuan rumah penyelenggaraan. Dari sana akan ada ratusan boks yang dikirim juga dengan biaya itu," jelas dia.

Bahkan, commitment fee, disebut Gunung juga akan mencakup panggung dan grand stand hingga keperluan balap lainnya.

Kendati demikian, Gunung menampik jika commitment fee yang dibayarkan sejak 2019 untuk penyelenggaraan 2020, disusul dengan pembayaran setengahnya di 2020.

Dia menjelaskan, pembayaran penuh justru sudah dibayarkan pada 2020 silam, ditambah dengan separuh lainnya pada 2021 yang digunakan untuk tiga tahun ke depan.

Menurut dia, pembayaran setelah saat itu hanya ditambah sedikit dari anggaran yang harus dibayarkan.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT