ADVERTISEMENT

Fantastis! Wapres Ma'ruf Sebut Dana Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem Capai Lebih dari Rp500 Triliun

Kamis, 7 Oktober 2021 12:57 WIB

Share
Wapres KH Ma'ruf Amin saat pimpin rapat penanggulangan kemiskinan ekstrem di Jawa Tengah. (Setwapres)
Wapres KH Ma'ruf Amin saat pimpin rapat penanggulangan kemiskinan ekstrem di Jawa Tengah. (Setwapres)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin kembali menegaskan bahwa anggaran untuk penanggulangan kemiskinan ekstrem cukup besar lebih dari Rp500 triliun.

"Sebab itu anggaran tidak lagi menjadi isu utama dalam penanggulangan kemiskinan ekstrem," tegas Wapres Ma'ruf Amin.

Itu disampaikan Wapres ketika memimpin Rapat Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem di Gedung Gradhika Bakti Praja, Jl. Pahlawan No.9, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (07/10/2021).

"Namun  bagaimana memastikan seluruh program, baik program pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten dapat diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di masing-masing lima wilayah kabupaten prioritas tersebut," papar Ma'ruf Amin.

Rapat membahas dana anggaran penanggulangan kemiskinan ekstrem kali ini juga dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta lima bupati yang wilayahnya menjadi prioritas penanggulangan kemiskinan ekstrem, yakni Kabupaten Banyumas, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Brebes.

Wapres Ma'ruf Amin menandaskan anggaran Kementerian/Lembaga untuk mendukung penanggulangan kemiskinan baik anggaran untuk perlindungan sosial maupun anggaran untuk pemberdayaan kelompok miskin ekstrem jumlahnya cukup besar mencapai lebih dari 500 triliun rupiah.

"Belum lagi anggaran program penanggulangan yang didanai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah  (APBD) provinsi dan kabupaten,” katanya.

Namun demikian, Wapres Ma'ruf Amin mengapresiasi inisiatif dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam upaya menanggulangi kemiskinan yang telah dilakukan selama ini.

"Saya memandang strategi penanggulangan kemiskinan yang ditetapkan oleh Provinsi Jawa Tengah sudah sesuai dengan strategi penanggulangan kemiskinan dan khususnya untuk kemiskinan ekstrem," papar Wapres Ma'ruf AMin.

Ia menilai program-program inovasi yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang komplemen dengan program-program pusat.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT