ADVERTISEMENT

Hindari Joki, 3500 Peserta Lewati Tiga Titik Penjagaan dan Scan Wajah Sebelum Ikuti Seleksi CPNS di Gedung Walikota Jakbar

Selasa, 5 Oktober 2021 11:19 WIB

Share
Peserta CPNS yang mengikuti tes harus melewati beberapa titik pemeriksaan di Gedung Walikota Jakarta Barat. (Foto/r01)
Peserta CPNS yang mengikuti tes harus melewati beberapa titik pemeriksaan di Gedung Walikota Jakarta Barat. (Foto/r01)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Sebanyak 750 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hari ini mengikuti tes kompetensi dasar (TKD) di gedung Walikota Jakarta Barat, Selasa (5/10/2021).

TKD terdiri dati tiga komponen yakni tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU) dan tes karakteristik pribadi (TKP).

Kepala Suku Badan Kepegawaian Kota Jakarta Barat, Mohammad Hafiz mengatakan pertama-tama para calon peserta dilakukan pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk ruangan.

"Kalau ada suhu tubuh yang 37,3 dibreak dulu tuh, istirahatkan dulu mungkin dia cape atau gimana, kita kasih minum, cuci muka," ujarnya saat ditemui, Selasa (5/10/2021).

Jika suhu tubuh peserta sudah dilakukan pengecekan, selanjutnya peserta diarahkan ke PTSP untuk dilakukan pemeriksaan kelengkapan berkas seperti KTP dan lain-lain.

"Setelah itu masuk ke titik ke tiga di ruang Ali Sadikin ruang pemeriksaan wajah untuk menghindari joki-joki, apakah wajah peserta sesuai dengan foto aslinya," jelasnya.

Dikatakan Hafiz, pihaknya juga melakukan pemeriksaan kelengkapan administrasi seperti surat antigen, kartu ujian dan fakta integritas surat kesehatan dan surat vaksin.

Para peserta juga tidak boleh membawa alat tulis lain selain pensil.

"Setelah itu masuk ke ruang sosialisasi. Disitu mereka dapat informasi bagiamana cara mengerjakan. Di kondisioning dulu lah, setelah sosialisasi tata cara pengisian, baru dia masuk ke ruang Computering Assesment Tes (CAT)," paparnya.

Para peserta yang sudah masuk ke ruangan (CAT), dipastikan sudah selesai melengkapi proses administrasi yang memang harus dilengkapi oleh para peserta.

Nantinya peserta yang mengikuti tes bisa langsung memantau hasil ujian melalui straeming kanal youtube Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

 

Video Irjen Napoleon Bonaparte Bersama 4 Tersangka Lain Akan Diperiksa Terkait Kasus Penganiayaan M Kece.  (youtube/poskota tv)

"Biasanya kalaupun tidak Covid kita menyediakan namanya ruang kubik untuk memantau kita berikan layar informasi terkait proses nilai yang sedang berlasngung," urainya.

Menurut Hafiz, pelaksanaan ujian CPNS ini dibagi menjadi tiga sesi. Dalam tiga sesi itu, satu sesinya hanya diberikan waktu 100 menit dan dibagi menjadi tiga materi.

"Senin sampai Kamis itu ada 3 sesi, jadi tiga sesi 750 dikalikan 4 jadi 3 ribu peserta. Hari jumat 2 sesi yaitu 500 jadi totalnya untuk jakbar ini 3500," pungkasnya. (cr01)

 

 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT