ADVERTISEMENT

Forkopimkab Kepulauan Seribu Bahas Uji Coba Pembukaan Pariwisata

Selasa, 5 Oktober 2021 12:30 WIB

Share
Forkopimkab menggelar rapat koordinasi persiapan pembukaan sektor pariwisata di gedung Mitra Praja Sunter Jakarta Utara. (ist)
Forkopimkab menggelar rapat koordinasi persiapan pembukaan sektor pariwisata di gedung Mitra Praja Sunter Jakarta Utara. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Forum Koordinasi Pimpinan Kabupaten (Forkopimkab) Kepulauan Seribu berkumpul untuk menggelar rapat persiapan pembukaan sektor pariwisata.

Bertempat di gedung Mitra Praja Sunter Jakarta Utara, rapat koordinasi pimpinan wilayah tersebut dipimpin Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi, dihadiri oleh Dandim 0502 Jakarta Utara, Kolonel (Inf) Roynald Sumendap, Kapolres Kepulauan Seribu, Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Eko Wahyu, Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Utara Made Sudarmawan dan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

"Kita ingin wisata di Kepulauan Seribu kembali dibuka seperti harapan seluruh warga, yang bergantung pada sektor pariwisata sebagai andalan penggerak ekonomi di wilayah," kata Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi, Selasa (5/10/2021).

Junaedi mengaku, berbagai upaya telah dilakukan Kabupaten Kepulauan Seribu untuk persiapan membuka kembali sektor pariwisata.

Adapun upaya yang dilakukan diantaranya mengajukan permohonan kepada Deputy Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf RI), agar diikutsertakan dalam uji coba pembukaan pariwisata pada tahap satu, tanggal 17 September dan uji coba tahap dua pada 30 September.

Permohonan tersebut dengan menyertakan hasil audit yang diajukan terkait pemenuhan protokol kesehatan, sertifikasi protokol kesehatan untuk pariwisata dan ekonomi kreatif atau Cleanliness, Health, Safety dan Environment (CHSE).

Selain itu, hasil survei konsultan dan pemenuhan aplikasi peduli lindungi di dermaga darat (keberangkatan) dan dermaga pulau (kedatangan) juga turut disertakan dalam permohonan.

"Mudah-mudahan itu bisa menjadi petimbangan kementerian, dan Kepulauan Seribu bisa diikutsertakan dalam uji coba pembukaan pariwisata tahap ketiga," harapnya.

Junaedi pun meminta, agar koordinasi dan sinergitas pimpinan kabupaten ditingkatkan, untuk ikut serta dalam pengawasan dan penerapan protokol kesehatan di wilayah.

"Dukungan penguatan prokes tetap dibutuhkan agar warga tetap patuh prokes, jangan terlena meskipun sudah vaksin dan sudah zona hijau, seluruh sarana prasarana pendukung tetap dijaga sampai bebas dari Covid-19 dan Kementerian Parekraf mengizinkan pariwisata di Kepulauan Seribu dibuka," tambahnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT