ADVERTISEMENT

Catat Ya, Disnakertrans dan Energi DKI Gelar Pelatihan Kerja Buat Para Lulusan Baru Loh, Jangan Sampai Ketinggalan!

Selasa, 5 Oktober 2021 11:15 WIB

Share
Kepala Disnakertrans dan Energi DKI Jakarta, Andri Yansyah, saat mengecek pelatihan kerja. (ist)
Kepala Disnakertrans dan Energi DKI Jakarta, Andri Yansyah, saat mengecek pelatihan kerja. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

PASAR REBO, POSKOTA.CO.ID - Pemprov DKI Jakarta bersama CSR berkolaborasi menyediakan kegiatan pelatihan kerja. Dimana Pusat Pelatihan Kerja Khusus Pengembangan Las (PPKKPL) dan Pusat Pelatihan Kerja Pengembangan Industri (PPKPI) Pasar Rebo bekerja sama dengan PT Rusli Vinilon Sakti. 

Sebanyak 60 peserta antusias mengikuti pelatihan kerja cara penyambungan pipa polimer dengan fusi panas. Melalui latihan kali ini, diharapkan para lulusan baru bisa menjadi tenaga profesional siap kerja untuk mengurangi angka pengangguran di Ibukota.

Kepala Disnakertrans dan Energi DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan, pihaknya memang tengah gencar menggelar kegiatan kolaborasi pelatihan kerja. Pasalnya, hal ini sangat menguntungkan bagi para peserta pelatihan karena langsung praktik di pabrik saat akhir masa pelatihan kerjanya.

"Selain menambah pengalaman, ini akan menjadi bekal untuk mencari kerja di perusahaan-perusahaan besar atau bisa untuk modal berwirausaha kelak," katanya, Selasa (5/10/2021).

Dikatakan mantan Camat Jatinegara ini, pihaknya berharap kerjasama ini dapat terus berlangsung ke depannya. Pasalnya, para peserta maupun lulusan pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensinya.

"Apalagi dalam sejarahnya, kualitas SDM hasil pelatihan ini sangat baik maka banyak perusahaan menyerapnya. Bahkan karena banyaknya peminat maka banyak perusahaan mengantri untuk mendapatjan SDM lulusan dari PPKKPL Condet dan PPKPI Pasar Rebo," ujarnya.

Kepala PPKPI Pasar Rebo Budi Karlia Setyanto mengatakan, pelatihan kerja penyambungan pipa polimer dengan fusi panas ini dilakukan dalam tiga angkatan dengan jumlah peserta total 60 orang.

Angkatan pertama tanggal 13-20 September dan kedua tanggal 20-27 September digelar di kantor PPKKPL di Jl Raya Condet, Kramat Jati. Sedangkan angkatan ketiga tanggal 27-4 Oktober digelar di kantor PPKPI Pasar Rebo. 

"Penutupan pelatihan kerja dilakukan di kantor pusat PT Vinilon, ini suatu kehoramatan yang luar biasa bagi kami dan para peserta pelatihan kerja. Karena peserta bisa praktik langsung di dalam pabrik yang memproduksi berbagai jenis paralon atau pipa," ungkap Budi.

Menurut Budi, materi yang diberikan di hari akhir masa pelatihan ini adalah pemasangan pipa polimer dengan fusi panas. Ada tiga jenis pemasangan pipa polimer ini, yakni butt fusion, socket fusion dan electro fusion. "Adapun tema dari kegiatan pelatihan ini adalah "Tetap produktif di masa pandemi melalui pelatihan kerjasama  kolaborasi"," ujarnya. (Ifand)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT