ADVERTISEMENT

Menggemparkan! Muhammad Kece Kabarnya Seret Ustaz Abdul Somad Terkait Kasus Penistaan Agama? Cek Faktanya

Rabu, 29 September 2021 17:30 WIB

Share
Ustaz Abdul Somad dikabarkan keciduk polisi terkait kasus donasi bodong? (Instagram/@ustadzabdulsomad_official)
Ustaz Abdul Somad dikabarkan keciduk polisi terkait kasus donasi bodong? (Instagram/@ustadzabdulsomad_official)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Tersangka penistaan agama, Muhammad Kece kabarnya ikut menyeret Ustaz Abdul Somad dalam kasusnya.

Dalam informasi itu, alasan Muhammad Kece seret Ustaz Abdul Somad ke karena ia tak mau rugi sendiri.

Informasi tersebut mendadak bikin geger warganet setelah diunggah oleh kanal YouTube Kertas Putih mengunggah video berjudul "Berita Terkini ~ Modyaar!! M. Kace Seret Abdul Somad Dalam Kasusnya" pada Senin, (22/9/2021).

Pada thumbnail video, terlihat foto Abdul Somad tengah dikelilingi sejumlah anggota kepolisian di Bareskrim Polri.

"TAK MAU SENDIRIAN M. KACE SERET ABDUL SOMAD DALAM KASUSNYA," tulis narasi pada thumbnail video.

Lantas benarkah klaim tersebut? setelah ditelusuri kabar yang mengatakan bahwa Muhammad Kece seret  Abdul Somad ke dalam kasusnya adalah tidak benar.



Faktanya, tidak ada informasi resmi dan valid terkait hal tersebut. Video tersebut hanya terkandung cuplikan ungkapan Pendeta Saifuddin.

Jadi bisa disimpulkan berita tersebut merupakan hoaks dan tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sebelumnya, Beredar isu cukup mengejutkan yakni adanya Ustaz Abdul Somad (UAS) yang dikabarkan tak berkutik saat ditangkap oleh Tim Bareskrim Polri.

Selain itu, UAS dikatakan saat ini sedang menjalani pemeriksaan lebih lanjut bersama pihak kepolisian karena diduga bermasalah dengan kasus penistaan agama.

Ditangkapnya UAS dikabarkan sebagai aksi untuk menyusul Ustaz Yahya Waloni yangsudah terlebih dahulu ditangkap setelah orang dalam Istana memkinta untuk segera menangkap dirinya.



Selain itu juga dapat dilihat dari dalam infornasi yang tersebar itu dijelaskan bahwa Bareskrim berhasil menemukan sebuah bukti terkait kasus yang membawa nama Abdul Somad.

Sebagai informasi, kabar penangkapan UAS itu disebarluaskan pertama kali oleh kanal YouTube Pena Istana. Kanal tersebut terlihat mengunggah video berjudul "BERITA HARI INI~AKHIRNYA !! ORANG DALAM ISTANA SERUKAN TANGKAP UAS" pada Minggu (29/8/2021).

Video tersebut sontak menjadi viral, bahkan hingga artikel ini ditulis terlihat sudah ada sebanyak 100.878 kali orang yang menonton dan sudah 1.200 kali diberikan likes (disukai).

Tak lupa juga terlihat adanya thumbnail di video tersebut yang memperlihatkan sebuah foto dari Ustaz Abdul Somad yang sedang diinterogasi oleh pihak kepolisian.



"TAK BERKUTIK, DI PERIKSA POLISI, SEMUA TERBUKTI UAS TERBUNGKAM TAK BISA MENGELAK," tulis narasi yang terdapat dalam thumbnail video, dari kanal YouTube Pena Istana yang dikutip pada Selasa (31/8/2021).

Berdasarkan hasil penelusuran yang telah dilakukan dari berbagai sumber resmi, kabar yang mengatakan bahwa Ustaz Abdul Somad tak berkutik saat ditangkap Tim Bareskrim Polri setelah adanya orang dalam Istana mendesak untuk menangkap UAS jelas tidak benar.

Dapat dipastikan bahwa faktanya kabar tersebut tidaklah benar dan tidak ada informasi valid yang dapat mengonfirmasi kabar tersebut.


Bahkan ketika ditonton, video berdurasi 10 menit 5 detik itu sama sekali tidak menampilkan sedikitpun informasi atau narasi yang sama persis seperti yang dikatakan pada judul.


Hanya ada cuplikan-cuplikan video saat Organisasi masyarakat Horas Bangso Batak melaporkan Penceramah kelahiran 44 tahun yang lalu itu ke Polda Metro Jaya terkait dugaan penistaan agama pada 2019 lalu.

Dengan begitu, dari apa yang sudah dijelaskan di atas maka dapat dipastikan 100 persen kabar tersebut adalah palsu alias hoaks. (cr09)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT