POSKOTA.CO.ID - Sepeda motor dengan sistem suplai bahan bakar karburator nggak bisa begitu saja dilupakan.
Sebab, di jalanan sepeda motor model lawas dengan karburator, dari motor sport sampai motor matik sekalipun, masih banyak populasinya.
Bolehkan dibilang, kini motor ini masih banyak digunakan di perdesaan ataupun perkampungan.
Biasanya, selain harga jual beli yang terjangkau, perawatan motor jenis ini lebih terjangkau.
Nggak sedikit juga yang menginginkan performa motornya tetap enak digunakan.
Banyak cara yang bisa dilakukan agar performa motor berkarburator nggak ketinggalan zaman.
Maklum, namanya motor lawas bin jadul, butuh perhatian cukup ekstra.
Tapi sebenarnya, perawatan serta kebutuhan lain untuk motor berkarburator nggak serumit motor sekarang ini.
"Bisa dibilang, biaya perawatan motor karbu itu jauh lebih hemat kalau dibandingkan motor-motor sekarang," buka Ari Setiawan dari RJM Motor.
Begitu juga trik buat ngakalin performanya agar makin enak dibejek alias digas.
Ari ngasih satu trik agar performa motor karburator nggak kedodoran.
Ari bilang, kalau trik ini dia adopsi dari motor balap garapannya.
"Tenang, untuk motor harian juga bisa, kok. Tapi memang efeknya konsumsi bahan bakarnya agak boros," ujar pebengkel yang bisa dijumpai di bilangan Dukuh Pinang, Kelapa Dua, Tangerang.
Trik ini, kata mekanik yang akrab disapa Doyok itu, cukup membesar lubang skep karburator.
Lubang skep karburator 'digedein', kata Ari, tujuannya agar tarikan motor lebih responsif.
"Untuk ngejar akselerasi bagus banget triknya. Motor jauh lebih enteng tarikannya," jelas Ari.
Hal tersebut kata Ari, lantaran volumen udara jauh lebih besar berkat lubang skep yang diperbesar.
"Yang penting, untuk motor harian pilot dan main jet disesuaikan, agar asupan besin nggak mandek sehingga respon motor nggak jauh lebih enak," beber Ari.
Selain itu, Ari nyaranin khusus untuk motor standar harian, lubang skep yang diperbesar menyesuaikan ukuran skep yang akan digunakan dari motor standar yang lebih besar.
"Umumnya bisa nyari skep yang agak gedean dari standarnya. Sebagai contoh, Yamaha Jupiter pakai skep dari Suzuki Shogun lama," beber Ari. Kenapa begitu?
Secara kualitas produk standar pabrikan jauh lebih bagus secara material.
"Bisa beli dari merek aftermarket. Hanya saja, yang kita butuhkan sesuai yang bagus dan pasti, serta biaya yang dikeluarkan terkompres dengan baik," ucapnya.
Trik ini bisa dilakukan untuk semua motor seperti disinggung di atas.
"Yang penting, cara skep dari motor lain yang jauh lebih besar," imbuh Ari.
Lalu, cara untuk memperbesar lubang skep karburator bisa dilukan dengan bantuan alat kikis dengan mata korek, menggunakan mesin bor.
"Mata korek yang digunakan bukan tipe bulat, melain cari yang tipe tabung. Atau bisa gunakan pakai amplas kasar dengan bantuan mesin bor," bebernya lagi.
Sementara itu, jalur skep yang diperbesar harus pas supaya nggak terjadi bocoran udara, yang berefek pada tarikan motor menjadi 'ngempos'.
Nah, cara ini hanya bisa dilakukan sama yang mekanik yang handal di bidangnya.
"Di kita bisa terima jasa trik ini. Soal biaya, bawa saja dulu motornya ke bengkel," tutup Ari yang bisa dihubungi di nomor 083815428838.