ADVERTISEMENT

Gawat! Menkes Sampaikan Kabar Buruk, 3 Varian Baru Covid-19 Kebal Vaksin jadi Ancaman, Langkah Ini akan Dilakukan

Selasa, 14 September 2021 16:21 WIB

Share
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (ist)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin informasikan jika pemerintah Indonesia tengah waspadai 3 varian baru Covid yang kebal vaksin.

Ketiga varian yang membahayakan itu yakni, Lambda, Mu dan C.1.2, diketahui untuk Lambda sendiri sudah ditemukan di 42 negara.

"Antisipasi, kita mengamati ada tifa varian baru, pertama ada Lambda, kedua Mu, dan ketiga varian C.1.2. Untuk varian Lambda dan Mu sudah dimasukkan kategori variant of interest oleh WHO, dan keduanya sudah ditemukan di Amerika Selatan. Lambda sudah ditemukan di 42 negara, Mu lebih cepat ada di 49 negara," kata Budi dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Kepala BNPB dan Kemenkeu bersama Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (13/9/2021).

Budi menjelaskan, berdasarkan analisa secara scientific mengenai dampak varian ini, yang paling sering keluar di berbagai jurnal bahwa kedua varian ini memiliki kemampuan untuk menghindari sistem kekebalan tubuh, sehingga efektivitas dari vaksin yang diberikan akan menurun terhadap 2 varian ini, yakni Lambda dan Mu.

Sedangkan varian C.1.2, ditemukan di Afrika Selatan, ilmuwan sangat khawatir terhadapa varian ini, karena varian ini mutasinya banyak sekali sama seperti yang lainnya, bisa menghindari sistem kerja imunitas yang sudah terbentuk berdasarkan varian-varian sebelumnya.

Menkes Budi Gunadi pun berharap Indonesia lakukan pengetatan di perbatasan, pintu-pintu masuk.

Kemudian entry dan exit test juga harus semakin diperketat, termasuk mendisiplinkan proses karantina.

"Perlu disadari bahwa pintu masuk kemarin pada Delta kemarin kebobolan, makannya kita lupa menjaga dari sisi lautnya, karena banyak kapal-kapal pengangkut barang yang masuk ke Indonesia dari India. Krunya diizinkan keluar sehingga menularkan," pungkas Menkes Budi.

Sebelumnya, Varian Delta beberapa waktu lalu telah 'menyerang' Indonesia, hingga ledakan penularan Covid-19 tak terkendali.

Varian Delta ini kabarnya bermula dari India, namun publik cukup keheranan dari mana awal mula Virus Corona tersebut bisa masuk ke Indonesia.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
1 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT