ADVERTISEMENT

Lakukan Pemotretan dengan Drone untuk Pemetaan Lokasi Tanah Longsor di Bogor, BNPB Beri Keterangan Ini

Senin, 13 September 2021 02:36 WIB

Share
Kondisi tanah longsor di Kabupaten Bogor. (BNPB)
Kondisi tanah longsor di Kabupaten Bogor. (BNPB)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID -  BNPB melakukan foto udara dengan memanfaatkan drone untuk pemetaan kawasan longsor di Desa Cipinang, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Minggu (12/9/2021).

Demikian disampaikan Abdul Muhari, Ph.D. Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (12/9/2021).

Namun, ia menyebutkan, timnya dalam proses pemotretan lokasi sempat terkendala dengan cuaca saat pagi hari.

"Pemotretan melalui drone sempat terkendala cuaca pada pagi hingga siang tadim BNPB telah mengirimkan tim guna mendukung BPBD Kabupaten Bogor memetakan wilayah terdampak tanah longsor ," terang Abdul Muhari.

Seperti diketahui, dua hari sebelumnya dua rumah warga di wilayah itu mengalami rusak berat akibat material longsor.

Longsor susulan masih berpotensi terjadi di wilayah yang berada pada ketinggian tersebut.

Abdul Muhari menjelaskan BNPB melalui Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan segera menurunkan personel setelah mendapatkan informasi tanah longsor dari Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB.

"Untuk situasi di lapangan memang mendung dan berkabut, kami menunggu dari pagi juga tapi sinar mataharinya tetap sama,” ujar Ardiyan Rizqi Ananda yang berada di sekitar lokasi terdampak, Minggu (12/9).

Menurut masyarakat di sekitar lokasi kejadian, salah satu pemicu longsoran mungkin diakibatkan oleh aktivitas pendirian beton pancang yang difungsikan sebagai penahan material longsor di sisi barat dan barat laut pada tambang batuan andesit ini.

Salah satu pekerja tambang mengatakan, sebelum longsor utama yang terjadi pada Jumat (10/9) lalu, pukul 16.00 WIB, beberapa kali longsor kecil terjadi di lokasi tersebut.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT