ADVERTISEMENT

Haduh! Mangkir dari Ajang Olimpiade Tokyo 2020, IOC Lempar Hukuman ke Korea Utara Hingga 2022

Jumat, 10 September 2021 13:22 WIB

Share
Korea Utara Kena Skors Sampai 2022 Gegara Absen Olimpiade Tokyo 2020 (Foto: Unsplash)
Korea Utara Kena Skors Sampai 2022 Gegara Absen Olimpiade Tokyo 2020 (Foto: Unsplash)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TOKYO, POSKOTA.CO.ID – Akibat tidak mengirimkan perwakilan negara pada ajang Olimpiade Tokyo 2020, Korea Utara pun diskors dari ajang Olimpiade hingga tahun 2022 mendatang.

Melansir dari Insider Komite Olimpiade Internasional (IOC), Korea utara akan diskors akibat keputusan secara sepihaknya dalam tidak mengikuti kegiatan Olimpiade 2020 yang baru saja diselenggarakan di Tokyo pada 23 Juli sampai 8 Agustus 2021 kemarin.

IOC memutuskan Korea Utara tidak dapat mengikuti Olimpiade Musim Dingin yang akan diselenggarakan di Beijing pada tahun 2022.

Mengutip dari The Guardian Thomas Bach selaku Presiden Komite Olimpiade Internasional mengatakan, “Mereka melanggar Piagam Olimpiade dan tidak memenuhi kewajiban mereka sebagaimana tercantum dalam Piagam Olimpiade untuk berpartisipasi,” ujarnya saat sedang konferensi pers.

h tb6yh

Namun, mereka memberi pengecualian terhadap atlet individual negara tersebut yang memenuhi kualifikasi untuk bertanding di Beijing. IOC akan kembali mempertimbangkan keputusan tersebut di kemudian hari.

Presiden IOC Thomas Bach juga memastikan mereka tidak akan memberikan dana finansial selama masa skors dan tidak akan mendapat dukungan dari pihak IOC. Dana yang bernilai sekitar jutaan dolar AS ini tidak akan diberikan kepada Komite Olimpiade Korea Utara.

Komite Olimpiade Korea Utara memutuskan untuk tidak mengirimkan perwakilan mereka ke Olimpiade Tokyo 2020 dengan alasan pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir,

Sebelumnya, pihak Komite Olimpiade Internasional juga telah memberikan peringatan kepada negara tersebut mengenai konsekuensi yang akan mereka dapatkan apabila tidak mengikuti kegiatan Olimpiade 2020.

IOC juga telah menawarkan berbagai solusi kepada Korea Utara agar tetap bersedia mengikuti ajang olahraga internasional ini. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah penyediaan vaksin yang kemudian ditolak secara sistematis oleh Komite Olimpiade Korea Utara.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT