ADVERTISEMENT

Anti Mainstream! Ilmuwan Jepang Berhasil Buat Wagyu dengan Teknologi 3D Printing, Mirip Banget Aslinya Gaes

Jumat, 10 September 2021 13:13 WIB

Share
Ilmuwan asal Jepang berhasil membuat wagyu dengan teknologi bioprinting. (Sumber: Freepik)
Ilmuwan asal Jepang berhasil membuat wagyu dengan teknologi bioprinting. (Sumber: Freepik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JEPANG, POSKOTA.CO.ID – Ilmuwan Jepang berhasil membuat kagum dunia setelah berhasil membuat daging wagyu dari printer 3D pada 24 Agustus 2021.

Ilmuwan dari Universitas Osaka ini mampu membuat daging wagyu yang serupa seperti daging aslinya dengan teknologi bioprinting.

Daging ini terbuat dari serat sel yang diambil dari sapi sungguhan, dan disulap menggunakan teknologi di dalam lab mereka untuk membuat lapisan lemak marbling yang biasanya terlihat pada potongan wagyu.

Para ilmuwan ini membuktikan bahwa kini daging wagyu sapi dapat diproduksi tanpa perlu menyembelih sapi.

Mereka melakukan semua ini dalam laboratorium mereka dengan cara mengisolasi sel daging sapi. Para ilmuwan ini kemudian menyusun sel buatan mereka menjadi tumpukan otot, pembuluh darah, dan juga lemak sebagaimana yang terlihat dan terdapat pada daging wagyu asli.

Teknik bioprinting menjadi kunci utama dalam proses pembuatan ini, bioprinting menggunakan printer 3D ini membantu ilmuwan dalam menyusun struktur sel yang lapisannya kemudian dapat dibuat menyerupai jaringan yang ada di dalam sapi.

Dengan diciptakannya daging wagyu 3D ini, mereka percaya bahwa ini merupakan langkah menuju masa depan yang berkelanjutan.

Kedepannya, orang-orang juga dapat dipermudah dengan adanya teknologi ini karena dapat menyesuaikan kandungan-kandungan daging yang mereka inginkan, seperti persentase dari lemak yang diinginkan dan lain-lain.

Hal ini dilansir dari Insider, dimana salah satu penemu wagyu 3D Michiya Matsusaki mengatakan dengan adanya penyesuaian ini, pelanggan suatu hari nanti mungkin dapat memesan potongan daging buatan ini dengan jumlah lemak yang mereka inginkan, disesuaikan dengan selera dan masalah kesehatan mereka.

Daging wagyu 3D ini berbeda dari daging yang dibuat dari olahan tumbuhan. Daging yang berasal dari tumbuh-tumbuhan atau kacang-kacangan sama sekali tidak memiliki kandungan sapi di dalamnya, sementara itu, daging wagyu 3D masih dibuat dari sel sapi asli.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT