ADVERTISEMENT

Tolong Diperhatikan! Jangan Anggap Remeh Fobia Jarum Suntik, Segera Cek Fakta dan Cara Menghilangkan Rasa Takut Disuntik di Sini

Rabu, 8 September 2021 15:28 WIB

Share
Fobia jarum suntik, ketakutan yang tidak boleh dianggap remeh. (Sumber: Unsplash Free Images)
Fobia jarum suntik, ketakutan yang tidak boleh dianggap remeh. (Sumber: Unsplash Free Images)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Satu-satunya cara untuk mendapatkan vaksin Covid-19 adalah dengan cara di suntik. Namun, nampaknya tidak semua orang berani untuk disuntik.

Semenjak vaksin mulai diedarkan untuk masyarakat Indonesia, banyak video viral yang memperlihatkan orang-orang yang takut untuk disuntik. Video-video ini pun menjadi bahan tertawaan banyak warganet.

Ternyata, ketakutan terhadap jarum suntik ini tidak bisa dianggap remeh. Bisa jadi orang-orang dalam video tersebut mengalami fobia akan jarum suntik.

Fobia jarum memiliki nama ilmiahnya sendiri yaitu trypanophobia. Fobia ini merupakan kondisi psikiatris yang diakui dimana seseorang mengalami rasa takut yang tidak rasional terhadap jarum, termasuk jarum suntik.

Trypanopobia ini tentunya adalah kondisi yang merugikan bagi penderitanya. Pasalnya, akibat fobia yang dialaminya, orang tersebut akan kesulitan untuk menerima perawatan ataupun pertolongan medis termasuk vaksinasi.

Di tengah upaya vaksinasi di berbagai wilayah Indonesia, tentunya ini menjadi suatu hambatan tersendiri.

Dilansir dari Open Access Government, jika orang yang menderita trypanophobia melihat atau bahkan mendengar kata jarum akan mengalami perasaan cemas bahkan serangan panik. Ini ditandai dengan detak jantung dan pernafasan yang lebih cepat, berkeringat dan tekanan darah yang menurun.

Akibat dari hal itu, penderita pun dapat pingsan atau mengalami kolaps.

Sebuah meta-analisis pada tahun 2018, yang mencakup 119 studi penelitian oleh Universitas Michigan, melaporkan bahwa fobia jarum kebanyakan dialami oleh anak-anak dengan persentase 20 sampai 50 persen remaja dan 20 hingga 30 persen di hampir semua anak, 20-50% remaja, dan 20-30% orang dewasa muda.

Agar dapat dengan lancar melalui proses penyuntikan, melansir dari Harvard Health Publishing, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan baik oleh orang yang menderita fobia jarum:

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT