ADVERTISEMENT

Tekan Penyalahgunaan Narkotika di Warakas, BNNK Jakarta Utara Gagas Gerakan IBM

Rabu, 8 September 2021 20:49 WIB

Share
Kepala BNNK Jakarta Utara, AKBP Bambang Yudistira. (foto: ist)
Kepala BNNK Jakarta Utara, AKBP Bambang Yudistira. (foto: ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kelurahan Warakas, Tanjung Priok, merupakan salah satu dari tujuh belas kelurahan di Jakarta Utara yang rawan terhadap penyalahgunaan narkotika.

Untuk itu, Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Utara menggagas gerakan rehabilitasi Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) untuk meningkatkan kesadaran dan menekan penyalahgunaan narkotika di Kelurahan Warakas.

Gerakan mulai digaungkan melalui kolaborasi, baik bersama aparatur kelurahan, elemen masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya atau stakeholder.

Kepala BNNK Jakarta Utara Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Bambang Yudistira mengatakan, gerakan rehabilitasi IBM perlu digencarkan dengan mengedepankan kearifan lokal masyarakat sekitar demi menciptakan Kampung Bersinar (Bersih Narkoba).

"Setiap daerah penerapan gerakan rehabilitasi IBM itu berbeda-beda sesuai dengan kearifan lokal di sana. Kami serahkan metode pendekatannya kepada masyarakat. Kami (BNNK Jakarta Utara) dan pemerintah kota tentunya hanya sebagai fasilitator dengan harapan seluruh masyarakat memahami dan tidak takut melaporkan penyalahguna narkoba untuk menjalani rehabilitasi. Semuanya gratis," ungkap Bambang, Rabu (8/9/2021).

Mengawali kolaborasi ini, Sub Koordinator Seksi Rehabilitasi BNNK Jakarta Utara dr Novianti Purnamasari menjelaskan kegiatan diisi dengan webbinar nasional bertema 'Selamatkan Generasi Muda dari Ancaman Narkoba di Era Pandemi Dengan Gerakan Kampung Bersinar'.

Kegiatan yang diikuti lebih dari tiga ratus peserta secara dalam jaringan (daring) melalui aplikasi zoom meeting menghadirkan pembicara kunci seperti Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr. Dante Saksono Harbuwono, Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, Direktur Sekolah Pasca Sarjana UHAMKA, Profesor Ade Hikmat, dan Kepala Seksi Pemberantasan BNNK Jakarta Utara, Trah Hidayat Djati. 

Termasuk tiga narasumber lainnya mulai dari Kepala BNNK Jakarta Utara, AKBP Bambang Yudistira, Dosen UHAMKA, Hermawan Saputra, dan Duta Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) sekaligus publik figur, Shahnaz Haque.

"Gerakan Rehabilitasi IBM ini sama seperti sebelumnya. Semua elemen melebur menjadi satu melahirkan program pemetaan, penjangkauan, dan pendampingan kepada penyalahguna narkoba. Mereka selalu aktif bergerak menjalankan semangat gerakan tersebut sehingga penyalahguna kembali ke jalan yang benar dan yang masih bersih tetap bersih dari penyalahguna narkoba," jelasnya.

Lurah Warakas, Makhrus Nugroho menerangkan gerakan rehabilitasi IBM ini merupakan lanjutan dari program Kampung Bersinar yang sejak tahun 2020 lalu telah melahirkan lima orang agen pemulihan narkoba.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT