ADVERTISEMENT

Ditunggu-tunggu Banget, Ratusan Pemulung di Pulogadung Akhirnya Terima Vaksinasi Covid-19

Minggu, 5 September 2021 20:33 WIB

Share
Ketua Korwil Ikatan Pemulung Indonesia (IPI) Jakarta Timur, Dian Budi Argo (30). (foto: cr02)
Ketua Korwil Ikatan Pemulung Indonesia (IPI) Jakarta Timur, Dian Budi Argo (30). (foto: cr02)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Hal tersebut disampaikan kala meninjau vaksinasi Covid-19 yang berlokasi di Jalan Pulo Lentut, Kampung Warung Jengkol, Kelurahan Rawa Terate, Kecamatan Cakung yang digelar Sabtu (4/9/2021) kemarin, 

"Harapan saya tetap dilanjutkan di wilayah Kecamatan lainnya. Kita mapping (Identifikasi), nanti kira-kira pemulung banyaknya di mana," ucapnya kepada wartawan, belum lama ini. 

Sebab pemulung termasuk kelompok sosial yang rentan terpapar Covid-19 lantaran minim mendapat informasi terkait Covid-19, tidak menerapkan gaya hidup sehat serta mobilitasnya tinggi. 

Pun para pemulung cenderung tinggal dalam satu lokasi padat penduduk sehingga hilang satu orang terkonfirmasi Covid-19, penularannya lebih cepat karena tidak ada jaga jarak. 

Dia meminta untuk disediakan sentra vaksinasi massa Covid-19 dekat permukiman komunitas pemulung sehingga memudahkan pemulung untuk menjangkau lokasi kegiatan. 

"Jangan sampai kita (masyarakat ekonomi menengah ke atas) tervaksin, mereka (pemulung) tidak. Apalagi kemampuan ekonomi mereka dengan adanya Covid-19 lebih terpuruk lagi," jelasnya. 

Di sisi lain, Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Timur, Purwono menerangkan bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan sejumlah pihak swasta untuk menggelar vaksinasi massal Covid-19 di permukiman komunitas pemulung. 

Lebih lanjut, dia memberi contoh jika kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk 150 pemulung di Kelurahan Rawa Terate hasil kerja sama Pemerintah Kota Jakarta Timur dengan Serviam, PT Unilever, dan Ikatan Pemulung Indonesia. 

Dalam kegiatan vaksinasi Covid-19 dengan jenis vaksin AstraZeneca ini para pemulung antusias mengikuti kegiatan sebab mereka juga mendapat paket sembako dari panitia penyelenggara. 

"Rencananya nanti minggu depan akan diadakan kegiatan serupa di Kecamatan Duren Sawit. Untuk kegiatan hari ini para pemulung tampak antusias mengikuti ya," kata Purwono. (Cr02) 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT