ADVERTISEMENT

Tanpa Basa-basi, Jokowi Instruksikan Panglima TNI Gencarkan Lagi Tracing dan Testing Covid-19

Minggu, 8 Agustus 2021 15:19 WIB

Share
Presiden Joko Widodo. (dok biro pers)
Presiden Joko Widodo. (dok biro pers)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Presiden Joko Widodo menginstruksikan langsung Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk menggencarkan pengetesan dan penelusuran atau testing dan tracing Covid-19.

"Sehingga mereka yang kontak erat dengan orang yang terkonfirmasi positif bisa segera ditemukan dan dipisahkan sehingga kasus Covid-19 tidak menyebar luas," terang Jokowi.

Itu disampaikan Jokowi saat rapat terbatas tentang evaluasi perkembangan dan tindak lanjut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu (7/8/2021).

Presiden meminta jajarannya, khususnya TNI dan Polri, untuk merespons cepat lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi di sejumlah daerah di luar Pulau Jawa dan Bali dalam rentang waktu dua minggu terakhir.

"Respons secara cepat. Karena ini berkaitan dengan kecepatan. Kalau ndak, orang yang punya kasus positif sudah ke mana-mana, menyebar ke mana-mana. Segera temukan," ujar Jokowi seperti dikutip poskota dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi menginstruksikan agar testing dan tracing, sekali lagi, segera dilakukan. Dites ketemu, di-tracing dia kontak dengan siapa, itu yang kedua.

Ketiga, Presiden menginstruksikan agar para pasien positif Covid-19 segera dibawa ke tempat isolasi terpusat (isoter). Terkait hal tersebut, Presiden meminta kepala daerah baik gubernur, bupati, maupun wali kota untuk menyiapkan tempat-tempat isolasi terpusat di daerahnya.

Fasilitas Isoter itu, menurut Jokowi, di daerah masing-masing bisa dengan memanfaatkan fasilitas umum seperti gedung olah raga, balai, hingga sekolah.

"Saya minta Menteri PUPR juga membantu daerah dalam rangka penyiapan isoter ini. Terutama di daerah-daerah yang tadi saya sebutkan yang segera harus merespons dari angka-angka yang ada," pinta Jokowi.

Selain itu, Presiden juga meminta dalam pelaksanaan testing dan tracing ini bisa melibatkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), pintu utama dalam penanganan pasien. Bisa kalau di Jawa ini ada yang lewat telemedicine tapi kalau enggak, ya lewat telepon pun enggak apa-apa.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT