"Quattro (RS Qe-tron) adalah gamechanger untuk Kejuaraan Reli Dunia. Audi adalah merek pertama yang memenangkan Le Mans 24 Jam dengan drivetrain elektrifikasi,” ujar Julius Seebach, selaku Managing Director, Audi Sport GmbH.
“Sekarang, kami ingin menghadirkan model baru di Reli Dakar, saat menguji dan mengembangkan lebih lanjut teknologi e-tron kami dalam kondisi ekstrem. RS Q e-tron kami dibuat di atas selembar kertas kosong dalam waktu singkat dan merupakan singkatan dari Vorsprung durch Technik,” jelasnya.
Untuk diketahui, Powertrain RS Q e-tron menghasilkan lebih dari 670dk meskipun hingga saat ini belum ada regulasi seberapa besar tenaga mobil yang boleh ambil bagian dalam ajang ini.
Gardan depan dan belakang mobil balap listrik dari Audi ini dilengkapi dengan motor-generator unit (MGU) yang diambil dari mobil Audi e-tron FE07 Formula E.
Selain itu ada juga MGU ketiga yang merupakan bagian dari konverter energi dan membantu mengisi daya paket baterai 50 kWh.
Baterai juga terisi saat pengereman, berkat fitur pemulihan energi.
Seperti kebanyakan EV, as roda depan dan belakang tidak terhubung langsung dan distribusi torsi pada RS Q e-tron diatur oleh perangkat lunak.