JEPANG, POSKOTA.CO.ID - Pabrikan mobil saat ini memang sedang berlomba-lomba mengembangi energi aternatif dengan tujuan utama pengembangan kendaraan masa depan, banyak ide yang digali mulai dari hybrid, full electric hingga bahan bakar sintetis.
Walaupun banyak solusi, tampaknya Toyota masih melihat hybrid merupakan jawaban di segmen mobil compact untuk satu dekade ke depan.
Sebagaimana mereka telah merancang Toyota Aqua dengan tujuan “menciptakan mobil kompak untuk 10 tahun mendatang”.
Toyota segera luncurkan Aqua satu mobil hybrid, yang merupakan campuran tenaga bensin dan listrik teranyarnya.
Dengan ambisinya itu, Toyota membekali Aqua dengan teknologi lebih canggih berikut dengan keberlanjutan mendukung mobil ramah lingkungan.
Namun begitu, jelas tidak semudah membawa teknologi lama yang sudah terpercaya, lalu diganti dengan tampilan baru.
Tidak sesederhana itu, Aqua teranyar diklaim sebagai mobil pertama dengan baterai bipolar nickel-hydrogen, sebagai tenaga untuk motor listrik penggerak roda.
Diklaim, sanggup menggelontorkan output dua kali lebih besar.
Cara ini sekaligus juga meningkatkan respon akselerasi dan menyuguhkan pengantaran tenaga lebih smooth dan linear dari kecepatan rendah.
Di samping itu, baterai anyar memungkinkan Aqua mengeksploitasi motor listrik untuk berjalan lebih jauh.
Berjalan dengan suara senyap dan bersih tanpa perlu mengaktifkan unit M15A-FXE 1,5 liter Dynamic Force Engine.
Dengan begitu, hal tersebut memberikan dampak penghematan bahan bakar hingga 20 persen lebih irit.
Atau Toyota mengklaim, bahwa konsumsi BBM Toyota Aqua dapat melaju hingga 35,8 km/liter.
Jika dilihat dari teknologi powertrain di atas, mobil ini sengaja ditujukan untuk kendaraan harian yang praktis.
Hatchback hybrid jadi keluarga Toyota pertama yang mengadopsi fitur Comfort Pedal.
Meski bukan tekhnologi baru, fitur berkendara dengan satu pedal untuk melakukan akselerasi dan deselerasi.
Dalam mode Power+, pengemudi hanya perlu mengurangi tekanan pedal agar fungsi regenerative braking dapat menghela laju dengan smooth.
Selain itu juga, Aqua versi termutakhir ini perdana kebagian sistem penggerak empat roda elektrik E-Four.
Tidak kelewatan juga sederet fitur keselamatan termutakhir Toyota Safety Sense.
Fungsinya kini lebih pintar, misal fungsi pre-collision yang kini dapat meminimalisir risiko celaka saat mau berbelok di persimpangan.
Belum lagi Lane Tracing Assist untuk terus menjaga mobil berada di tengah jalur serta Plus Support demi memitigasi risiko tabrakan akibat salah injak pedal gas.
Selain itu, pertama di mobil compact Toyota ini, Aqua kebagian tekhnologi; Toyota Teammate Advanced Park and Parking Support Brake.
Dengan fitur tersebut menyuguhkan kemampuan parkir otomatis sepenuhnya tanpa perlu berinteraksi dengan stir. Wuih, hebat dong, ya?
Sementara itu, Parking Support Brake mengurangi kemungkinan menabrak saat parkir lewat, peringatan hingga bantuan pengereman.
Di Jepang, Toyota telah merilis mobil pada 24-25 Juli 2021 lalu.
Toyota Aqua hadir empat trim dengan masing-masing ditawarkan dalam spek penggerak roda depan dan AWD E-Four.
Banderolnya sendiri mulai dari 1,98 juta hingga 2,598 juta Yen atau sekitar Rp 261 jutaan hingga Rp 342 jutaan.
Selain versi standar, Aqua juga dipasarkan dengan format Welcab khusus penyandang disabilitas. (Azmi)