FISIP Unsoed Canangkan Zona Integritas Sebagai Upaya Mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi dan Gratifikasi

Minggu, 27 Juni 2021 11:49 WIB

Share
FISIP Unsoed Canangkan Program Zona Integritas. (Dokumen Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed)
FISIP Unsoed Canangkan Program Zona Integritas. (Dokumen Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed)

PURWOKERTO, POSKOTA.CO.ID - Program pemerintah Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), merupakan gerbang awal dalam mewujudkan birokrasi yang bersih dan melayani masyarakat bebas dari korupsi atau pungutan liar.

Beberapa unit kerja termasuk di Kemendikbud Ristek juga mencanangkan program tersebut.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, menjadi satu-satunya fakultas di Unsoed yang telah mencanangkan Zona Integritas WBK dan WBBM.

"Tentunya kami merasa bangga, karena dari sekian banyak fakultas di Unsoed, FISIP menjadi yang pertama dicanangkan sebagai wilayah zona integritas bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani. Kami sudah on the track dalam mengelola berbagai aspek di fakultas," kata, Dr. Djarot Santoso, Dekan FISIP Unsoed.

FISIP, Unsoed dipilih untuk segera mencanangkan zona integritas, didasari Surat Keputusan Rektor Unsoed.

Pertimbangan yang dicantumkan, antara lain karena penyerapan anggaran di Fisip Unsoed dinilai baik, serta tidak pernah ada temuan dari auditor, BPK, maupun Irjen Kemendikbud.

"Kesalahan-kesalahan kecil itu biasa. Tapi, yang signifikan dan sampai ditindaklanjuti, tidak pernah terjadi di FISIP karena kami selalu bersikap transparan dalam banyak hal," jelasnya.

Wakil Rektor II, Prof Hibnu Nugroho yang hadir mewakili Rektor juga mengatakan FISIP Unsoed ditunjuk Rektorat untuk menjadi pelopor Zona Integritas, karena telah memiliki tata kelola yang baik.

Dengan pencanangan ini, pengelolaan fakultas di masa depan diharapkan bisa menjadi lebih baik dan menjadi pelopor bagi fakultas-fakultas lain di lingkungan Unsoed.

Ketua Tim Zona Integritas WBK FISIP Unsoed, Dr. Agus Haryanto mengatakan pihaknya mencanangkan Zona Integritas ada beberapa area yang digunakan sebagai indikator bebas korupsi dan gratifikasi.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar