ADVERTISEMENT

 Imbas Lonjakan Kasus Covid-19, Rupiah Melemah ke Level Rp14.440 Per Dolar AS

Rabu, 23 Juni 2021 14:10 WIB

Share
Direktur CBA Uchok Sky Khadafi. (ist)
Direktur CBA Uchok Sky Khadafi. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Nilai tukar rupiah melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Pada Rabu (23/6/2021) pukul 10:12 WIB, kurs rupiah spot melemah pada level Rp14.440 per dolar AS.

Kurs rupiah spot melemah 0,26 persen ketimbang penutupan perdagangan Selasa (22/6 /2021) pada Rp14.403 per dolar AS. Pelemahan itu terjadi sebagai imbas peningkatan kasus positif Covid-19.

Direktur Center for Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi yang dihubungi di Jakarta, Rabu (23/6/2021) mengungkapkan, melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS tidak terlepas dari kondisi pandemi Covid-19.

"Mereka yang positif Covid-19 terus semakin bertambah setiap harinya, bisa mencapai di atas 10.000 kasus, begitu mereka yang meninggal dunia akibat Covid-19 terus meningkat," terang Uchok.

Kondisi seperti itu, lanjut Uchok, menimbulkan ketidakpastian terhadap iklim investasi di Indonesia, sehingga para investor masih ragu menanamkan investasi di Indonesia.

"Bagaimana mungkin bisa menarik dana dari luar ke dalam negeri, bahkan yang dari dalam bisa ditarik kembali ke luar, dan diparkir dana mereka di Singapura," terang Uchok.

Uchok juga memperkirakan pelemahan rupiah terhadap dolar AS ini akan terus terjadi kalau pemerintah tidak bisa mengendalikan penularan Covid-19.

Selain itu, menurut Uchok, kondisi pandemi ini akan berdampak kepada ekonomi masyarakat, seperti daya beli masyarakat terus menurun, para pekerja pun yang terdampak pandemi.

Terkait investasi, Uchok juga mengungkapkan Bank Indonesia (BI) menerapkan sistem yang membuat investor merasa khawatir dalam menyimpan uangnya di Indonesia.

"Saya memiliki kenalan bahwa dia lebih nyaman menyimpan uangnya di Singapura untuk sementara sebelum melakukan investasi di Indonesia. Sikapnya itu mungkin demi keselamatan uangnya,"  Uchok menandaskan. (*)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT