Kenaikan Tarif Tol Bakauheni-Terbanggi Ditunda, Masih Menunggu Selesai Perbaikan

Kamis, 17 Juni 2021 11:58 WIB

Share
Gerbang Tol Terbanggi Besar. Tarif tol baru ditunda. (ist)
Gerbang Tol Terbanggi Besar. Tarif tol baru ditunda. (ist)

LAMPUNG, POSKOTA.CO.ID -   Tarif baru Tol Trans Sumatera Bakauheni-Terbanggi Besar akan diberlakukan. Namun, rencana itu ditunda karena masih menunggu perbaikan struktur jalan.

Branch Manager PT Hutama Karya Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Hanung Hanindito mengatakan, saat ini Tim PT HK masih terus melakukan perbaikan jalur di beberapa titik, sambil melakukan sosialisasi penyesuaian tarif baik melalui media sosial, selebaran, flayer, brosur, banner, dan media pers.

“Penyesuaian tarif belum dilakukan karena kebijakan lain menunggu selesai perbaikan jalan. Dan sambil menunggu kepastian penyesuaian, kita terus melakukan sosialisasi kepada pengguna jalan,” katanya, melalui keterangan pers di Bandarlampung, Rabu (16/06/2021).

Hanung menjelaskan, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 15 tahun 2005 tentang Jalan Tol, evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun berdasarkan tarif lama yang disesuaikan dengan pengaruh inflasi.

“Penyesuaian tarif tol ini akan mengikuti pengaruh inflasi dari daerah masing-masing, khususnya Provinsi Lampung. Penyesuaian tarif ini, lanjutnya, bertujuan pengembalian dana investasi, pengembangan jalan tol, perbaikan dan menciptakan perekonomian yang baik,” ujarnya.

Hanung mengatakan keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) nomor 732/KPTS/M/2021 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar ini dikeluarkan pada 9 Juni 2021.

“Sudah sejak tanggal 9 Juni 2021 surat penyesuaian tarif baru ini keluar. Ini akan aktif dan mulai diberlakukan 14 hari setelah tanggal ditetapkan, yaitu 23 Juni 2021,” katanya.

Dia menyebutkan, sosialisasi penyesuaian tarif ini sudah dilakukan sejak tanggal ditetapkan, melalui media sosial, selebaran, flayer, brosur, banner, dan media termasuk cetak dan online. Semua sudah dilakukan sosialisasi, untuk menghindari terjadinya kesalahan oleh perusahaan.

“Kita sudah gencar melakukan sosialisasi kepada pengguna jalan, baik di gerbang tol, jalan raya, rest area, jembatan penyeberangan dan lainnya. Semua agar pengendara bisa mengetahui bahwa bulan ini ada penyesuaian tarif tol,” paparnya.

Dengan adanya penyesuaian tarif tol ini, katanya, maka beberapa titik yang sering menjadi keluhan pengendara sedang dilakukan perbaikan, agar pelayanan yang diberikan perusahaan kepada pengguna bisa lebih prima. 
“Ada beberapa perbaikan jalan, ini salah satu bentuk kepedulian dan tugas utama kita untuk bisa membuat pengguna jalan lebih nyaman saat melintas di jalan tol,” jelasnya

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar