ADVERTISEMENT

Modifikasi Honda NX650 Dominator: Trail Tracker Adventure dari Jerman Ini Tampak Mengesankan

Selasa, 15 Juni 2021 10:59 WIB

Share
HB-Custom mendapat tantangan bagaimana caranya Honda NX650 Dominator ini tetap mempertahankan identitasnya. [Bikeexife.com]
HB-Custom mendapat tantangan bagaimana caranya Honda NX650 Dominator ini tetap mempertahankan identitasnya. [Bikeexife.com]
HB-Custom mendapat tantangan bagaimana caranya Honda NX650 Dominator ini tetap mempertahankan identitasnya. [Bikeexife.com]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Otomotif.Poskota.co.id - HB-Custom mendapat tantangan bagaimana caranya Honda NX650 Dominator ini tetap mempertahankan identitasnya.

Secara garis besar, kuda besi bergaya sport trail adventure ini sangat 'empuk' untuk dijadikan bahan baku oleh Holger di rumah modifikasinya HB-Custom.

Holger keukeuh, ingin tetap mempertahankan beberapa unsur dari motor yang diproduksi tahun 1988 itu.

Yakni tetap mempertahankan keaslian identitasnya, meski secara tegas sentuhan akhir sang builder sangat mengesankan.

Holger memadukan konsep tracker dengan tril adventure, sehingga tampilannya betul-betul out of the box.

Pertama, yang dilakukan Holger adalah 'meracik' frame bawaan Honda NX650 Dominator ini.

Awalnya dia terkendala karena frame bawaan awal yang dia beli mengalami kebocoran minyak pada reservoirnya, maklum motor sudah tua.

“Masalah ini bisa saya atasi sendiri,” cetus Holger dengan penuh keyakinan.

By the way, Honda NX650 Dominator ini merupakan pesanan pelanggannya.

Namun uniknya, builder asal Husum, Jerman itu percaya diri kalau ide yang dikeluarkan untuk motor ini akan menyenangkan konsumennya.

“Saya memutuskan untuk membuat motor berdasarkan ide dan pemikiran saya sendiri,” katanya. 

“Respons terhadap NX terakhir yang saya buat sangat positif, sehingga saya memutuskan untuk membangun dengan ide sendiri.

 "Saya cukup yakin bahwa saya akan menemukan pelanggan untuk motor itu - penawaran pertama sudah ada di sana.” Namun, masalah Holger tak sampai di situ saja.

Tantangan dia kali ini bermasalah dengan mesin motor yang tak mau berjalan dengan mulus.

Okelah, tak masalah, toh, Holger akan mengubah motor sedetail mungkin.

Pertama dalam daftar belanjanya, Holger membeli ring, katup klep, bearing dan rantai keteng baru untuk mesinnya yang bermasalah itu.

Selanjutnya Holger memasang elektronik baru untuk Honda Dominator ini, lalu karburator Mikuni TM40 dengan filter udara K&N.

Kemudian dia mengubah sistem kopling yang sudah berusia 33 tahun itu dengan sistem hidrolik dari Magura.

 

 

Untuk sistem buangan, Holger memaksimal saluran pipa dari Honda XR600. [Foto: Bikeexife.com]

Uniknya, pada sistem buangan alias knalpotnya, Holger memodifikasi silincer knalpot CRF250 dengan pipa knalpot Honda XR600.

Bagaimana terlihat kedua silincer knalpot tersebut mengapit buritan belakang, dan membuatnya jauh lebih sexy.

Di sektor bodywork, HB Custom melepas semua bodi plastik yang sejatinya merupakan identitas NX650.

Kali ini, tampak hanya terlihat tangki Yamaha XT500 yang diubah menjadi pusat perhatian.

 

 

Tangki Yamaha XT600 tampak padu dengan frame bawaan Honda NX650. [Foto: Bikeexife.com]

Holger mengelas dudukan baru agar sesuai dengan frame, lalu memindahkan lubang pengisian bahan bakar dan memasang penutup dari motor BMW.

Tepat di belakang tangki ada jok dan subframe baru, di mana perubahan subframe pada Dominator sebelumnya terlihat jauh lebih empuk.

Namun, kali ini tampak simpel dan cenderung hanya dapat diboncengi dengan satu pengendara saja.

Menengok bagian depan Honda NX650 ini, sejumlah perubahan juga tak luput dari Holger.

Pertama terdapat lampu LED lansiran Koso dengan dipasangkan braket khusus.

Bar end alias setang, throttlem rem, dan kopling semuanya dari produsen Magura.

Untuk speedometernya Holger menyematkan speedo berukuran kecil milik Motogadget.

Di area kaki-kakinya, kita bisa lihat terpasang satu set kedua roda 17 inci yang dibalut dengan ban Pirelli Scorpion.

Untuk suspensi belakang Holger menyematkan shock lansiran YSS dan terdapat baterai Lithium-ion untuk mengurangi bobot motor ini.

Karena motor ini juga digunakan untuk harian, maka Holger pun melengkapi seperangkat lampu belakang dan kedua sein LED, lengkap dengan braket plat nomor.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT