ADVERTISEMENT

Raker dengan Mendikbudristek, DPR: Riset Dapat Dioptimalkan Sesuai Kebutuhan Masyarakat

Selasa, 1 Juni 2021 12:58 WIB

Share
Hetifah Sjaifudian, Wakil Ketua Komisi X DPR RI .(Ist)
Hetifah Sjaifudian, Wakil Ketua Komisi X DPR RI .(Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID  - Komisi X DPR RI menggelar rapat kerja dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek, dan Teknologi, Senin (31/5/2021).  Rapat tersebut guna membahas perubahan nomenklatur Kementerian (Kemendikbud menjadi Kemendikbudristek). 

Selain itu, membahas   perkembangan pembelajaran tatap muka terbatas, penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2021/2022. Juga tindak lanjut rekomendasi Panja PJP, serta hal-hal lainnya yang dianggap penting terkait pendidikan. 

Dalam Rapat berlangsung secara fisik dan virtual tersebut, Mendikbudristek Nadiem Makarim menyatakan, perubahan struktur organisasi akan diselesaikan paling lambat pada 31 Juli 2021. 

"Tugas kami ditambah yaitu untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi. Dalam proses penyesuaiannya, kami akan berusaha meminimalkan disrupsi terhadap kegiatan pada kementerian dan perguruan tinggi yang sedang berlangsung," ujarnya.

Nadiem mengatakan bahwa bantuan operasional Perguruan Tinggi Negeri untuk Penelitian (BOPTN Penelitian)  akan dipindahkan ke Kemendikbudristek. "Total anggaran yang akan dipindahkan sebesar Rp. 1,154 T, dan diperkirakan proses revisinya akan selesai pada Juni 2021," paparnya.

Sehubungan dengan hal tersebut, Hetifah Sjaifudian selaku Wakil Ketua Komisi X DPR RI menyatakan optimismenya. 

"Saya harap, riset-riset yang ada dapat dioptimalkan sesuai dengan kebutuhan yang ada di masyarakat. Misalnya untuk penyediaan gawai, saya sangat berharap ini bisa berasal dari kerja sama riset dan industri dalam negeri," ungkapnya, Selasa (1/6/2021).

Hetifah berharap,  Kemendikbudristek juga dapat mengajak peneliti-peneliti Indonesia yang berkiprah di lembaga riset kelas dunia untuk kembali ke dalam negeri.

Sementara itu, terkait persiapan pembelajaran tatap muka, Kemendikbud menyatakan bahwa sebagian sekolah telah melaporkan kesiapannya melalui website Kemendikbud. 

"Saat ini, sudah 40% sekolah yang melakukan pelaporan. Dari 40% tersebut, 30%nya menyatakan siap melakukan pembelajaran tatap muka," jelasnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT