ADVERTISEMENT

Belum Tahu Cara Memasak Kepiting? Tenang, Simak 4 Cara Mudahnya Disini!

Rabu, 7 April 2021 13:02 WIB

Share
Fried Crabs With Chili Sauce Resicpe (Foto: Kellys Thought On Things/website)
Fried Crabs With Chili Sauce Resicpe (Foto: Kellys Thought On Things/website)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Bagi Sebagian orang pasti masih merasa bingung dan bertanya-tanya, sebenarnya bagaimana sih cara terbaik untuk memasak kepiting?

Tentunya memasak dan membersihkan kepiting juga dengan cara yang teliti dan benar. Jika tidak, malah akan merusak tekstur dari cangkang dan daging dari kepiting itu sendiri.

Melansir dari laman The Spruce Eats, berikut kami buatkan ulasan terkait 4 cara mudah memasak kepiting dengan baik dan benar.

Cara Merebus Kepiting

Merebus adalah cara paling umum untuk memasak kepiting dan merupakan metode favorit untuk semua varietas. Langkah-langkahnya sederhana:

  1. Didihkan air di panci yang besar. Pastikan untuk memberikan garam secukupnya agar rasanya asin seperti air laut. Beberapa orang juga menambahkan bir atau anggur putih ke dalam air. Tambahkan bumbu apa pun yang Anda suka, dan kemudian masukkan kepiting.
  2. Tambahkan kepiting secara cepat, satu per satu, sehingga mereka matang dalam waktu yang sama. Didihkan air dan masak hingga kepiting mulai mengapung. Semua tergantung pada ukuran kepiting, ini akan terjadi dalam 10 hingga 15 menit atau lebih.
  3. Gunakan penjepit untuk mengeluarkan kepiting dan taruh sampai cukup dingin untuk dipegang.

Cara Mengukus Kepiting

Mengukus kepiting adalah metode yang dapat membantu kepiting mempertahankan cairannya yang lezat dan mencegahnya masuk ke dalam air, yang dapat terjadi jika direbus. Ada tiga langkah mudah:

  1. Didihkan satu inci air asin dalam panci besar.
  2. Masukkan kepiting ke dalam keranjang kukusan atau masukkan atau cukup masukkan ke dalam panci dan biarkan bagian bawah kepiting sedikit mendidih dan bertindak sebagai platform untuk mengukus kepiting lainnya.
  3. Tutup dan masak 10 hingga 20 menit, tergantung ukuran kepiting. Angkat kukusan atau tarik kepiting keluar dari panci dengan penjepit. Biarkan kepiting duduk hingga cukup dingin untuk ditangani sebelum Anda membersihkan dan menyajikannya. Anda bisa membilasnya dengan air dingin untuk mempercepat prosesnya.

Cara Memanggang Kepiting

Anda perlu membersihkan kepiting sebelum Anda memanggangnya. Lebih cepat merebus atau mengukusnya terlebih dahulu hingga setengah matang, kemudian gunakan pemanggang untuk menyelesaikan proses memasak dan menambahkan sedikit rasa kaya api. Ikuti langkah ini:

  1. Rebus atau kukus kepiting seperti yang diuraikan di atas selama kurang lebih 5 menit, biarkan dingin, lalu bersihkan.
  2. Aduk seluruh kepiting yang sudah dibersihkan (atau setengah atau seperempat tergantung ukurannya) dengan sedikit minyak zaitun dan mungkin satu atau dua siung bawang putih cincang, ditambah beberapa daun rosemary atau thyme cincang jika Anda suka.
  3. Letakkan di atas panggangan panas sampai matang dan berwarna kecokelatan, sekitar 4 menit per sisi. Jika Anda memiliki kepiting cangkang lunak, proses memanggangnya berbeda.

Cara Memanggang Kepiting

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT