ADVERTISEMENT

Keren, Warga Sulap Lahan Kosong di Cipinang jadi Kebun Kampung Tangguh Jaya

Rabu, 17 Februari 2021 22:13 WIB

Share
Keren, Warga Sulap Lahan Kosong di Cipinang jadi Kebun Kampung Tangguh Jaya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKTA.CO.ID - Kebun Kampung Tangguh Jaya Cipinang RT 10/06, Pulogadung, Jakarta Timur, berdiri secara swadaya atas inisiatif beberapa warga yang mengelola. Lahan penuh semak belukar disulap jadi kebun dengan aneka tanaman.

Ketua Kebun Kampung Tangguh Jaya Cipinang RT 10/06, Sudina (51) menjelaskan pada mulanya bisa tercetus ide untuk membuat Kebun Kampung Tangguh Jaya Cipinang RT 10/06 tersebut disebabkan karena masa pandemi yang membuat aktivitas warga terbatas.

Maka dari itu berkebun jadi salah satu cara untuk mengusir jenuh. Pun adanya program "Kampung Tangguh Jaya" yang diprakarsai Polda, turut menjadi pemicu lahirnya kebun swadaya itu.

"Kampung tangguh Jaya sendiri memang program dari Polda seperti itu. Jadi semua tangguh, apalagi pandemi kan, jangan orang cuma tidur di rumah, atau di rumah enggak ngapa-ngapain, kan lama-kelamaan jenuh, makanya dijadikan Kampung Tangguh," jelasnya saat ditemui Poskota.co.id, di Kebun Kampung Tangguh Jaya Cipinang RT 10/06, Komplek Asrama Polri, Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (17/2/2021).

Baca juga: Kebun Kampung Tangguh Jaya, Cipinang, Menghasilkan Panen Dua Kali Dalam Sebulan

Untuk lahannya sendiri, Sudina melanjutkan, lahan yang digarap saat ini adalah lahan milik Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Lahan tersebut pernah digunakan sebagai Asrama Pati Polri, kemudian sekitar empat tahun jadi lahan kosong yang dipenuhi semak belukar.

"Kebetulan di sebelah sini ada lahan kosong, awalnya adalah Asrama Pati Polri hanya saja sudah sekitar empat tahun itu kosong, sehingga banyak rerumputan akhirnya saya babatin. Tadinya nemu ada ular 5 meteran," katanya.

Sebab itulah atas izin dari pihak Polri, Sunadi berkoordinasi dengan beberapa warga, pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Pulogadung, pihak Kelurahan Cipinang, dan petugas prasarana dan sarana umum (PPSU) menyulap lahan kosong tersebut jadi lahan produktif yang diisi oleh aktivitas berkebun.

Baca juga: Manfaatkan Lahan Kosong, Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas Ajak Warga Berkebun

Di lahan berukuran sekitar seribu meter persegi itu, separuhnya telah ditanam berbagai jenis tanaman macam singkong, jagung, bayam, kangkung, sawi, cabai, pepaya, labu siam, waluh, dan sedikit tanaman kacang panjang.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT