ADVERTISEMENT

Memasak, Cara Redakan Stres Saat Pandemi

Jumat, 12 Februari 2021 11:14 WIB

Share
Memasak, Cara Redakan Stres Saat Pandemi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Efek pandemi virus corona atau Covid-19 yang masih mewabah menuntut masyarakat banyak beraktivitas di rumah saja. Namun, tak perlu risau, karena ada banyak cara agar kita tetap bahagia, salah satunya dengan memasak.

Chef Andry Abboud mengatakan, memasak mempunyai banyak fungsi antara lain membantu mengembangkan diri, meningkatkan kreativitas, meningkatkan kesabaran, menenangkan hati, meredakan stres, dan membuat bahagia.

"Saya selalu mengatakan bahwa dapur merupakan dunia yang berbeda, dunia dengan aturan main sendiri. Saya selalu encourage orang dengan mengatakan bahwa hampir tidak ada yang salah di dapur kita. My kitchen, my rules! Itu sebab di dapur rumah, kita bisa menjadi diri kita sendiri, menjadi kreatif tanpa batas. Bukankah membahagiakan bisa menjadi diri sendiri di dunia yang kita ciptakan?," ujar Abboud di Jakarta, belum lama ini.

Baca juga: Kemenparekraf Ajak Pelaku Usaha Kuliner Asah Kreativitas Memasak Melalui Masamo

Lulusan Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Jawa Barat ini memaparkan, makan merupakan kebutuhan hidup, sementara memasak merupakan pilihan. Oleh karena itu bila kita melakukan pilihan hidup, kita dapat melakukannya dengan sepenuh hati. Hal inilah yang membuat ketika kita memasak maka akan membuat kita bahagia.

Abboud mengungkapkan, hak memilih juga ada ketika kita menyusun menu, menentukan rasa, membuat diri kita dan keluarga merasakan nikmat makan, menambah pengalaman baru dengan mencoba menu baru, dan lainnya. Tidak ada menu khusus untuk menunjang kebahagian. Karena kepercayaan diri itu salah satu faktor yang menunjang kebahagiaan ketika memasak.

"Cukup dengan menu yang kita suka atau yang membuat kita tertarik untuk mencoba memasak. Biasanya menu-menu andalan, tren, atau challenging yang bisa membuat kita lebih merasa punya achievement. Perasaan berhasil dan bangga akan hasil dari masakan tersebut membuat kita lebih percaya diri. Kepercayaan diri itu salah satu faktor yang menunjang kebahagiaan di dapur. Isn’t it right?," tegasnya.

Baca juga: "Dapur Bunda Reni" Sediakan Masakan Khas Nusantara hingga Ala Barat

Terkait riset bahwa memakan makanan yang sudah masak menjadikan kita bahagia, Abboud memaparkan, untuk sebagian orang memang benar makan makanan yang sudah masak bisa menjadi kita bahagia. Karena sebagian orang lainnya kadang-kadang cukup puas dan bahagia melihat keluarga dan teman menikmati hasil masakan kita.

"Saya pribadi bisa merasakan keduanya. Saya bahagia dengan makan hasil masakan saya, dan saya bahagia melihat orang suka dan menghabiskan hasil masakan saya," paparnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Yulian Saputra
Editor: Yulian Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT