ADVERTISEMENT

Pesona Gunung Kencana Bikin Pendaki Tergoda

Minggu, 31 Januari 2021 14:25 WIB

Share
Pesona Gunung Kencana Bikin Pendaki Tergoda

BAGI warga Jakarta yang ingin mendaki gunung tak perlu jauh. Di Bogor, cukup banyak gunung yang asyik untuk dijelajahi. Salah satunya destinasi wisata Gunung Kencana terletak di Kampung Rawa Gede, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Untuk menuju puncak Gunung, pengunjung bisa masuk melalui kawasan wisata Telaga Warna, Cisarua, Kabupaten Bogor. Pengunjung harus menemukan patokan jalan yaitu Kampung Cikoneng, tepatnya SD Cikoneng yang berada di pertigaan jalan.

Puncak Gunung Kencana berada pada ketinggian 1800 meter dari permukaan laut (mdpl). Pendakian ke sana diawali dengan Tanjakan Sambalado tanjakan setinggi kurang lebih 200 meter dengan kemiringan sekitar 90 derajat ini berupa puluhan anak tangga yang sangat tinggi. Untuk mencapai puncak Gunung Kencana cukup ditempuh sekitar 45 menit dari pos pendaftaran.

Jalur Makadam

Gunung Kencana tidak sefamiliar gunung lain di Kabupaten Bogor. Tapi jika cuaca cerah, akan nampak keindahan Gunung Gede Pangrango yang terasa dekat dari puncaknya yang memiliki ketinggian 1803 mdpl. Juga hamparan kebun teh dan Telaga Saat di bawahnya.

Akses menuju Gunung Kencana masih terbilang belum ramah. Terutama jika musim hujan. Dari pintu masuknya di sekitar Telaga Warna, kita harus melalui jalur makadam (tanah berbatu) menembus perkebunan teh yang sejuk.

Perjalanan menempuh jarak kurang lebih 6 km untuk bisa menuju kaki Gunung Kencana. Sekitar sejam menggunakan kendaraan bermotor atau tiga jam kalau mau jalan kaki.

Baca juga: Curug Cilember: Dipercaya Warga Setempat, Mandi di Air Terjun Bisa Awet Muda

Setelah tiba di kaki gunung, kita akan melalui pintu masuk pendakian. Sewajarnya pendakian di gunung, kita wajib membayar retribusi berikut pendataan administrasi. Lalu pendakian bisa dimulai. 

Tanjakan Sambalado

Tanjakan Sambalado Gunung Kencana. (ist)

Sejak tahun 2020, ada jalur pendakiannya yang dikenal dengan Tanjakan Sambalado’ Dinamakan begitu, karena tanjakannya curam dan amat menguras tenaga.

Gunung Kencana masih tergolong ramah bagi pendaki. Terutama pendaki baru. Bayangkan, untuk bisa kepuncak dari awal penda kian cuma membutuhkan waktu 45 menit. Juga dari pos tidak perlu peralatan khusus jika tidak ingin berkemah, yang diperlukan hanya fisik dan stamina prima.

Pendaki tiba di Puncak Gunung Kencana. (ist)

Satu lagi, kalau mau ke situ jangan pas weekend atau pas gunung lagi pada tutup. Kenapa? Karena pasti ramai dan kalau telat sudah dipastikan tidak akan dapat tempat camping. Kecuali bawa hammock untuk bisa tiduran di atas pohon. Karena di puncak cukup banyak pohon untuk menggantungkan hammock. (rizal/ys)

ADVERTISEMENT

Reporter: Yulian Saputra
Editor: Yulian Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT