Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi dalam webinar. (ist)

Nasional

Pengaduan Konsumen Naik Drastis Selama Pandemi 2020, Terbanyak soal Ini

Jumat 08 Jan 2021, 14:25 WIB

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyatakan, bahwa tingkat pengaduan konsumen pada tahun 2020 pada masa pandemi mengalami peningkatan. Tercatat ada 3.692 pengaduan dari masyarakat, jumlah itu naik secara signifikan dari tahun sebelumnya yang hanya sebanyak 1.871 pengaduan.

"Ada 3.692 kasus pengaduan secara total pada 2020. Angka itu mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya 1.871 pengaduan,"  kata Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi, dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (8/1/2021).

Tulus mengatakan, karakter pengaduan konsumen pada tahun 2020, masih sama dengan lima tahun ke belakang. Ada lima konteks pengaduan yang menduduki peringkat teratas yaitu produk jasa keuangan sebesar 33,50%, e-commerce 12,70%, telekomunikasi 8,30%, kelistrikan 8,20% dan perumahan 5,70%.

"Pengaduan kelompok meningkat dari 1.308 menjadi 3.290 pengaduan, lalu individual menjadi 402 pada 2020," papanya..

Baca juga: YLKI Soroti Kasus Raibnya Uang Nasabah Maybank Rp22 Miliar

Selain itu, selama pandemi pengaduan masyarakat terkait produk kesehatan juga meningkat. Pengaduan biasanya berkaitan dengan pengaduan tentang obat, produk vitamin dan alat kesehatan.

"Pengaduan yang dimaksud berkaitan dengan harga produk kesehatan yang melonjak, kelangkaan produk dan produk palsu," ungkapnya.

Dia menambahkan, pengaduan pada 2020 rata-rata berkaitan dengan pandemi. terutama hal yang berkaitan dengan kebijakan yang diberikan oleh pemerintah, baik itu restrukturisasi, listrik dan transportasi. (rizal/ys)

Tags:
Pengaduan KonsumenylkiNaik DrastisPandemiposkotaposkota.co.id

Reporter

Administrator

Editor