ADVERTISEMENT

Menghitung Untung Rugi

Jumat, 25 Desember 2020 06:30 WIB

Share
Menghitung Untung Rugi

APAKAH sudah menghitung untung rugi. Untungkah, atau sebaliknya merugi di tahun 2020? Coba lah hitung atau ditimbang, selama menjalani hidup satu tahun, Biasa-biasa saja, seimbangkah?

Banyak yang bisa dihitung. Misalnya kalau punya usaha, apakah untung besar, maju dan bisa berkembang biak. Atau sebaliknya, merugi.

Sebagai pekerja meningkat, dari karyawan biasa, sekarang jadi mandor, kepala bagian atau bos, barangkali. Atau bisa juga punya perusaahaan sendiri dan menggaji puluhan bahkan ratusan karyawan. Hebat deh.

Baca juga: Si Tajir Pamer, Si Miskin Pedih

O, iya bagaimana yang berumah tangga, langgeng kah, atau ambyar, kandas di tengah jalan. Karena nggak sabaran, istri minta cerai, cari lelaki lain yang lebih tajir. Sebaliknya si suami pun cari gebetan baru yang lebih bahenol?

Banyak yang bisa dihitung. Itu para pejabat yang dulu biasa-biasa saja, jadi orang baik-baik, tak tahunya menyeleweng. Dulunya hidup susah, menggelandang, eh begitu nasibnya baik jadi pejabat tinggi, kok malah korupsi?

Padahal kalau mau sabar sebenanya itu dia punya harta cukup banyak, pokoknya bisa hidup baik dan lebih baik. Tapi, gegara serakah, jadi hidupnya hancur berantakan.

Baca juga: Nggak Ngampung, Nggak Korengan!

Begitulah kehidupan, semua tergantung dari manusia itu sendiri. Kalau mereka mau berubah pasti berubah. Tentu saja, dari yang jelek menjadi yang lebih baik. Tidak sebaliknya.

O, iya selamat buat para menteri baru. Pastinya masyarakat sudah banyak tahu sepak terjang mereka yang penuh dengan semangat dan inspirasi. Timbangannya tahun ini pun bagus. Semoga bagus terus, dan saling berlomba dalam pekerjaan dan kebaikan, bukan keburukan? (massoes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT