Duar! Pabrik Kimia Meledak, Warga Sekitar Menderita Sesak Napas

Selasa, 22 Desember 2020 16:45 WIB

Share
Duar! Pabrik Kimia Meledak, Warga Sekitar Menderita Sesak Napas

CILEGON, POSKOTA.CO.ID - Salah satu areal pabrik di PT Dover Chemical meledak, Selasa (22/12/2020). Ledakan tersebut bahkan membuat panik warga di lingkungan sekitar pabrik yang spontan berhamburan keluar rumah.

"Tadi itu ada tiga kali ledakan. Pertama asap dulu yang keluar, lalu beberapa menit kemudian barulah dia meledak. Suaranya kencang sekali, sampai ada seng (dinding) pabrik yang terbang," ungkap Eni Purwati (55) warga setempat.

Warga Lingkungan Kali Baru, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon ini menerangkan, bau menyengat sontak keluar dari dalam area pabrik setelah adanya ledakan tersebut. "Kami langsung sesak napas, soalnya bau banget," katanya kepada wartawan.

Baca juga: Lansia Terbakar saat Gas 12 Kg Meledak di Bekasi, 3 Rumah Rusak

Di tempat yang sama, Ketua RT 01 RW 02 di lingkungan setempat, Afa Sukuan mengatakan, berdasarkan informasi sementara yang diperoleh pihaknya dari manajemen PT Dover Chemical mengungkap bahwa ledakan yang hingga merusak sebagian dinding pabrik tersebut berasal dari area resin.

"Informasi dari Pak Dade (Dade Suparna, Manager Humas Resource and General Affair PT Dover Chemical) itu dari tempat area resin sehingga kan menimbulkan bau. Makanya kami meminta pertolongan pertama untuk masyarakat dulu. Cuma di dalam bagian pabriknya sudah ditangani langsung bagaimana meminimalisir dampak yang dikeluarkan dari ledakan," katanya.

Di sekitar lokasi kejadian, warga setempat masih berkumpul di seberang pabrik seraya menunggu kepastian keterangan dari sejumlah perwakilan warga lainnya yang tengah menemui manajemen pabrik. Di lokasi, tampak pula sejumlah petugas kepolisian yang mengamankan areal tersebut.

Baca juga: 7 Pabrik Beton Tak Berizin di Jakarta Pusat akan Ditutup, Satpol PP: Tunggu Instruksi

Belum diketahui apakah ada korban dalam peristiwa itu. Maupun penyebab terjadinya ledakan. Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari manajemen PT Dover Chemical. (haryono/ys)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar