Sosok Ini Dinilai Lebih Layak jadi Mensos Dibanding Tri Rismaharini

Rabu, 16 Desember 2020 10:51 WIB

Share
Sosok Ini Dinilai Lebih Layak jadi Mensos Dibanding Tri Rismaharini

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) dikabarkan mendapat tawaran menjadi Menteri Sosial (Mensos) menggantikan Juliari Batubara yang tersangkut kasus korupsi bantuan sosial (bansos) Covid-19.

Belum jelas tawaran tersebut langsung dari Jokowi atau dari sumber lain. Namun tawaran itu sudah sampai ke Risma. Risma oleh sebagian orang memang dinilai sukses membangun Surabaya. Kota Surabaya dinilai berubah selama dipimpin Risma.

Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga mengatakan,  kalau dilihat perkembangan Surabaya, sebenarnya tidak ada hasil pembangunan yang monumental. Pembangunan di Surabaya tak jauh berbeda dengan kota besar lainnya di Indonesia.

"Jalan di Surabaya tidak banyak yang mulus. Kebanyakan tambalan demi tambalan yang membuat kita tidak nyaman di atas kendaraan. Jalan yang asri juga hanya ditemui di jalan-jalan protokol. Di luar jalan protokol, kita tidak lagi menemui keasriannya," katanya, Rabu (16/12/2020).

Baca juga: PDIP: Tri Rismaharini jadi Mensos Hak Prerogatif Presiden Jokowi

Ia menilai, macet juga masih menjadi bagian dari Kota Surabaya. Pada pagi dan sore masih umum ditemui kemacetan. Surabaya juga belum terbebas banjir. Kalau hujan deras, akan ditemui genangan air di berbagai titik.

Kali yang bersih juga terbatas. Kalau kita menelusuri Kota Surabaya masih banyak ditemui kali yang kotor.  Menggratiskan biaya sekolah juga bukan hal istimewa. Sebab, daerah lain juga banyak yang sudah menggratiskan uang sekolah.

"Jadi, prestasi Risma sebetulnya tidak istimewa. Prestasinya masih skala lokal, belum nasional. Karena itu, Risma tampaknya belum layak menjadi Menteri Sosial," katanya.

Baca juga: Dua Kader PDIP Ini Layak Menjadi Pengganti Mensos yang Bisa Bersihkan Koruptor

Penulis buku 'Tipologi Pesan Persuasif', 'Perang Bush Memburu Osama' dan 'Riset Kehumasan' menilai, akan lebih layak bila yang menjadi Menteri Sosial adalah Ahmad Basarah. Selain saat ini menjadi Wakil Ketua MPR, kemampuannya secara nasional juga sudah teruji. Sebab, ia juga sudah menjadi anggota DPR beberapa periode.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar