ADVERTISEMENT

Kemlu Membantah Kabar Indonesia Akan Buka Normalisasi dengan Israel

Selasa, 15 Desember 2020 17:50 WIB

Share
Kemlu Membantah Kabar Indonesia Akan Buka Normalisasi dengan Israel

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Beredar kabar bahwa Indonesia akan membuka hubungan diplomatik dengan Israel. Namun Kementerian Luar Negeri (Kemlu) membantah isu tersebut.

Juru Bicara Kemlu Teuku Faizasyah yang dihubungi Selasa sore (15/12/2020) memberi bantahan itu, bahwa Kemlu tidak pernah berhubungan dengan Israel.

"Dalam menjalankan politik Luar Negeri RI terkait isu Palestina, Kemlu berdiplomasi secara konsisten sesuai amanah konstitusi," terang Faizasyah. 

Baca juga: KPIQP Minta Pemerintah Batalkan Calling Visa bagi Israel

Saat ditanya mengapa beredar isu normalisasi Indonesia-Israel?, Faizasyah menjawab agar tanya kepada Israel. 

Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Sudarnoto Abdul Hakim menyampaikan, bangsa Indonesia harus tetap konsisten dan konsekuen dengan identitasnya. Sejak lama, Indonesia telah menetapkan diri sebagai bangsa anti penjajahan. 

"MUI memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kemenlu khususnya Ibu Menlu yang telah bersikap tegas, jelas, dan konsisten dalam menjalankan politik luar negeri Indonesia yang sejak awal anti penjajahan,” ujarnya, Selasa (15/12) di Jakarta.

Baca juga: FPKS DPR RI: Normalisasi Hubungan dengan Israel Hianati UUD 1945

Dia menambahkan  menjalin kerjasama dengan Israel, menurutnya, adalah hak setiap bangsa. Namun dalam untuk Indonesia, kata dia, di dalam Undang-Undang Dasar sudah menyebut bahwa bangsa ini anti penjajahan.

“Kita meyakini sepenuhnya bahwa penjajahan itu tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan. Oleh karena itu, jika penjajahan yang dilakukan oleh Israel terhadap Tanah Air dan rakyat Palestina dibiarkan, maka persudaraan dan perdamaian internasional jelas tidak akan bisa tercapai,” ujarnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT