ADVERTISEMENT

KUALI dan PBA Ajak Pelaku UMKM Naik Kelas via "UMKM Exhibition dan Golf Turnament"

Senin, 14 Desember 2020 10:41 WIB

Share
KUALI dan PBA Ajak Pelaku UMKM Naik Kelas via

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

DEPOK, POSKOTA.CO.ID - Puluhan Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Alumni Indonesia (KUALI) dan Perkumpulan Bumi Alumni (PBA) menyelenggarakan UMKM Exhibition & Golf Turnament "UMKM Naik Kelas", di Emeralda Golf Club, Tapos, Depok, Minggu (13/12/2020) sore.

Ketua Umum PBA, Dr. Ary Zulfikar menjelaskan, PBA merupakan suatu organisasi nirlaba fokus kepada pengembangan dan pembinaan ekonomi kerakyatan berbasis komunikasi.

"Pembinaan ekonomi dan pengembangan kita lebih ke komunitas UMKM Alumni Universitas Padjadjaran (Unpad). Tercatat sudah dari 750 pelaku UMKM tergabung dalam PBA, tersebar di 16 provinsi sebagian besar ada di Jawa Barat dan Jakarta," ujarnya didampingi Ketua Panitia UMKM Exhibition & Golf Tournament - 'UMKM Naik Kelas' Endang Hidayatullah, dalam jumpa pers usai acara kepada Poskota.co.id.

Baca juga: Dosen UI Bocorkan Kunci UMKM Bertahan di Tengah Pandemi

Untuk program selanjutnya, Ary menambahkan komunitas ini akan berkembang berdasarkan klaster komunitas lainnya yang mungkin berasal dari alumni-alumni lainnya yang juga melakukan usaha ekonomi kerakyatan.

"KUALI adalah koperasi produsen yang didirikan untuk melakukan pembinaan dan pengembangan dalam UMKM dapat membuka akses pasar dalam peningkatan produksi serta menempatkan pelaku usaha dari bagian pembangunan perekonomian secara nasional," ungkapnya.

Sementara itu dari kegiatan yang sudah dilakukan, lanjut Ary, adalah upaya mendukung program pemerintah dalam pengembangan pelaku UMKM dengan memberika kontribusi 60,3% dari jumlah Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

"Terlebih lagi pada saat pandemi diperlukan suatu strategi pemasaran dan penguatan branding pelaku UMKM sehingga dapat bertahan baik di saat kondisi pandemi atau kondisi normal," tambahnya.

Baca juga: Dana Hibah Rp2,4 Juta Mendorong UMKM Bertahan di Tengah Pandemi

Lalu dalam penguatan branding, PBA melakukan posisi terhadap pelaku UMKM agar produk-produk pelaku UMKM dapat dikenal lebih luas, melalui komunitas-komunitas, baik komunitas pelaku usaha, komunitas profesi maupun komunitas olahraga atau hobi lainnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT