ADVERTISEMENT

Ayo Bergabung! Satgas Buka Lowongan 1.000 Tenaga Relawan Covid-19

Sabtu, 12 Desember 2020 15:25 WIB

Share
Ayo Bergabung! Satgas Buka Lowongan 1.000 Tenaga Relawan Covid-19

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID –  Terus meningkatnya kasus positif Covid-19 sehingga dibutuhkan banyak  tenaga relawan medis , baik dokter, perawat.

Sebab itu,  Satuan tugas (Satgas) membuka lowongan bagi mereka yang berminat untuk menjadi relawan Covid-19. 

Ketua Bidang Koordinasi Relawan Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Andre Rahadian mengatakan, selain peningkatan kasus yang masih tinggi, juga  kesiapan rumah sakit, terutama rumah sakit rujukan serta juga wisma isolasi mandiri di hampir semua provinsi yang dibuka,  membutuhkan relawan medis, baik dokter maupun perawat. 

Baca juga: Perjuangan Relawan Covid-19, Banyak yang Terpapar dan Mencoba Bangkit

"Contoh di Jakarta sendiri di Wisma Atlet masih membutuhkan 200 relawan lagi. Begitu juga di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Untuk  mengantisipasi ke depan kita berusaha mencari 1.000 relawan lagi," terang Andre dalam acara talkshow bertema "Kolaborasi Sebagai Strategi Lawan Covid-19” yang diselenggarakan secara daring dari Graha BNPB, Jakarta, Jumat siang (11/12/2020).

Talkshow ini juga menghadirkan pembicara Direktur IBEKA (Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan), Tri Mumpuni,  Direktur IBEKA (Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan), Ketua Sub-Bidang Kesehatan Bidang Koordinasi Relawan Satgas Covid-19, dr. Jossep F William dan Sekretaris Sub-Bidang Kesehatan Koordinator Relawan Satgas Covid-19, Maghfira.

Tentang bidang apa saja tenaga kerelawanan  yang dibutuhkan dalam menangani pasien Covid-19 , Andre menjelaskan bahwa yang dibutuhkan adalah tenaga medis sepeti dokter umum, perawat, apoteker, bidan serta kesehatan masyarakat. 

Baca juga: Jadi Relawan Covid-19 Tantangannya Berbeda Dibanding Hadapi Bencana Lain

Andre mengutarakan rekrutmen tenaga kesehatan nantinya juga akan ditempatkan di fasilitas kesehatan maupun fasilitas kesehatan primer yakni, Puskesmas untuk melakukan tracing. 

"Mudah-mudahan dengan adanya tambahan  tenaga baru kita bisa memenuhi kebutuhan pembukaan fasilitas kesehatan baru, dan juga bisa melakukan rotasi kepada relawan yang sudah bekerja cukup lama," kata Andre. (johara/tri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT