ADVERTISEMENT

Puskesmas di Jaktim Tingkatkan Swab Test, per Hari 150 Warga

Jumat, 11 Desember 2020 21:45 WIB

Share
Puskesmas di Jaktim Tingkatkan Swab Test, per Hari 150 Warga

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

CIRACAS, POSKOTA.CO.ID - Semakin tingginya angka penyebaran Covid-19 membuat Pemprov DKI meningkatkan target Puskesmas dalam menemukan kasus baru terkonfirmasi. Pasalnya saat ini, dalam satu kecamatan 150 swab test Covid-19 wajib dilakukan guna mencegah penularan.

Kasatpel Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Puskesmas Kecamatan Ciracas, Yuni Astuti mengatakan, satu bulan terakhir target tes swab harian meningkat. Sebelumnya setiap harinya harus melakukan swab test terhadap 40-60 warga, kini ditingkatkan.

"Minimal 150 swab test per harinya. Kemarin malah mencapai 230 pemerikssan," katanya, Jumat (11/12/2020).

Baca juga: Sembuh dari Covid-19, Ariza Ucapkan Terima Kasih Kepada Para Medis 

Ditingkatkannya target swab harian tersebut, kata Yuni, karena makin cepat seseorang diketahui terkonfirmasi Covid-19 maka penanganan lebih cepat dilakukan. Karena setelah itu pihaknya langsung mengevakuasi mereke ke tempat isolasi yang sudah disiapkan pemerintah.

"Upaya ini dilakukan agar virus tak justru menularkan ke warga lainnya," ujar Yuni.

Dengan dikirim ke tempat isolasi, lanjut Yuni, tingkat kesembuhan pasien terkonfirmasi Covid-19 bisa lebih besar. Karena ditempat isolasi mereka dipantau petugas medis selama menjalani perawatan hingga dinyatakan sembuh. "Dan dalam penelusuran riwayat kontak pasien terkonfirmasi, kami dibantu relawan tracer dari BNPB," terangnya.

Baca juga: Tim Pemburu Covid-19 Polres Kepulauan Seribu Patroli Laut, Pastikan Nelayan Bebas Virus Corona

Kepala Puskesmas Kecamatan Cakung, Junaidah menambahkan, di tempatnya target swab test harian juga ditingkatkan sejak berakhirnya libur panjang beberapa waktu lalu. Target 100 pemeriksaan sehari dipenuhi dengan pemeriksaan langsung hingga jemput bola.

"Kami pernah dalam satu hari 180 pemeriksaan yang menyasar ke pemukiman penduduk," pungkasnya. (ifand/ys)

ADVERTISEMENT

Reporter: Yulian Saputra
Editor: Yulian Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT