ADVERTISEMENT

Tim Pemburu Covid-19 Polres Kepulauan Seribu Patroli Laut, Pastikan Nelayan Bebas Virus Corona

Kamis, 10 Desember 2020 16:00 WIB

Share
Tim Pemburu Covid-19 Polres Kepulauan Seribu Patroli Laut, Pastikan Nelayan Bebas Virus Corona

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Mencegah penyebaran virus corona di wilayah hukum Polres Kepulauan Seribu, Tim Pemburu Covid-19 melakukan patroli untuk mendeteksi dini penularan kasus kepada para nelayan saat melaut, Kamis (10/12/2020).

Sebelum melakukan patroli, kegiatan diawali dengan apel yang dipimpin oleh Kepala Bagian Operasional Polres Kepulauan Seribu AKP Zaroki Saputra, diikuti oleh Anggota Polres Kepulauan Seribu dengan 10 personel, Koramil Kepulauan Seribu 4 personel dan Satpol PP Kabupaten Kepulauan Seribu sebanyak 4 personel.

Dalam arahannya, AKP Zaroki mengatakan, tingkat penyebaran Covid-19 di Wilayah Hukum Polres Kepulauan Seribu sudah menunjukkan level yang menghawatirkan sehingga Tim Pemburu Covid-19 harus terus bergerak.

"Kegiatan kita hari ini adalah menyasar kepada para nelayan dan ABK kapal ikan yang sedang melaut, sementara untuk warga di pulau berpenduduk dilakukan oleh jajaran polsek," tutur AKP Zaroki dalam arahannya.

Baca juga: Polres Kepulauan Seribu Lepas Keberangkatan Tim Pemburu Covid-19

Ditambahkan, para nelayan dan ABK kapal ikan akan dilakukan pemeriksaan rapid tes atau tes cepat di atas kapal patroli. Bila ditemukan hasil reaktif maka selanjutnya dibawa ke darat untuk dilakukan tes swab.

Selanjutnya, saat melakukan patroli, Tim Operasi Pemburu Covid-19 yang dipimpin oleh Kepala Satuan Sabhara Polres Kepulauan Seribu IPTU Andrianto, dengan menggunakan 2 kapal melakukan penyisiran diperairan Kepulauan Seribu.

Tim mendapati kapal ikan dan kapal nelayan yang sedang mencari ikan, kemudian anak buah kapal sejumlah 6 orang dan kapal nelayan sejumlah 5 orang dilakukan pemeriksaan rapid tes diatas kapal patroli Polres Kepulauan Seribu.

"Alhamdulillah setelah dilakukan rapid tes ke enam ABK kapal ikan dan ke lima nelayan dinyatakan non reaktif," terang IPTU Andrianto.

Pada patroli laut kali ini, Polres Kepulauan Seribu tetap menerapkan protokol kesehatan 3m yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak dari kerumunan. (Yono/tha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT