ADVERTISEMENT

Polri Imbau Pendukung Paslon yang Menang Tidak Konvoi Rayakan Kemenangan

Rabu, 9 Desember 2020 22:19 WIB

Share
Polri Imbau Pendukung Paslon yang Menang Tidak Konvoi Rayakan Kemenangan

JAKARTA - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 yang digelar hari ini, Rabu (9/12/2020) di seluruh Tanah Air berjalan kondusif dan aman. 

Karena itu, Polri mengimbau seluruh pendukung dan simpatisan pasangan calon (Paslon) yang menang pertarungan Pilkada untuk tidak melakukan konvoi di jalanan atau tempat-tempat lainnya.

Hal tersebut diingatkan pihak kepolisian lantaran selain untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) juga menghindari kerumunan di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga: Tiga Lembaga Survei Menyatakan Benyamin-Pilar Menangi Pilkada Tangsel

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan, konvoi kemenangan pasangan calon dinilai bisa membuat klaster Covid-19 baru. 

Selain itu, kata Argo, euforia kemenangan pasangan calon melalui konvoi di jalanan juga bisa menimbulkan gangguan kamtibmas. Jika ini yang terjadi TNI-polri akan melakukan tindakan tegas dengan cara membubarkannya.

"Jadi di tengah pandemi Covid-19 ini, kami minta masyarakat tidak melakukan konvoi merayakan kemenangan di jalan atau di tempat yang menimbulkan kerumunan massa. Sanksinya akan ada," jelas Argo, Rabu (9/12/2020).

Baca juga: Kubu Idris-Imam Deklarasikan Kemenangan pada Pilkada Depok

Berkaitan dengan pengamanan kotak surat suara, Argo mengaku bahwa Polri telah meminta bantuan TNI untuk mengawal seluruh kotak suara tersebut hingga ke tingkat provinsi.

Seperti diketahui, untuk mengamankan Pilkada serentak 2020 di 270 Kabupaten dan Kota di Indonesia, Polri mengerahkan 192.168 personil. Personil tersebut juga akan disiapkan khusus di TPS-TPS berdasarkan titik kerawanannya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT