ADVERTISEMENT

Terpilih jadi Wakil Ketua C40 Cities, Anies akan Beri Arahan Penanganan Krisis Iklim

Minggu, 6 Desember 2020 13:14 WIB

Share
Terpilih jadi Wakil Ketua C40 Cities, Anies akan Beri Arahan Penanganan Krisis Iklim

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Meski terpapar positif virus corona atau Covid-19, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan masih tetap beraktivitas dan berkarya dari tempat isolasi. Bahkan, Anies pun terpilih sebagai Wakil Ketua C40 Cities bersama Gubernur Tokyo, Yuriko Koike di London, Inggris. 

Sebagai Wakil Ketua C40, Gubernur Anies akan memberikan arahan strategis dalam rangka mengatasi krisis iklim untuk jaringan global meliputi 97 kota terbaik di dunia.

Gubernur Anies dan Gubernur Koike juga akan bekerja sama dan mendukung para wali kota anggota C40 untuk mendorong pemulihan ekonomi kota akibat dampak pandemi Covid-19, melalui pendekatan ramah lingkungan dan berkeadilan, serta penanganan krisis iklim.

“Jakarta bertekad memperluas jangkauan C40 untuk bekerja sama dengan kota dan para pemangku kepentingan lainnya, dalam rangka memenuhi tujuan dari implementasi aksi iklim yang transformatif, mengacu pada Perjanjian Paris (Paris Agreement). Perkembangan terkini di kawasan Asia Timur," ucapnya, kemarin.

Baca juga: Syarif Ungkap Kondisi Gubernur Anies Terus Membaik

"Tenggara, dan Oseania telah menciptakan peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya, yaitu kolaborasi bersama generasi muda, sektor swasta, pemerintah nasional, serta mitra non-pemerintah lokal maupun internasional," ujar gubernur kembali.

Pelu diketahui, berbagai upaya perbaikan kualitas udara di Jakarta telah dilakukan untuk membuat udara Jakarta lebih bersih dan bebas polusi. Pada September 2020, Gubernur Anies turut mendukung peluncuran program Kemitraan Udara Bersih di Jakarta.

Selain itu terkait kebijakan penanganan pencemaran udara, Pemprov DKI telah mengesahkan Pergub Nomor 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor pada bulan Juli 2020 dan saat ini sedang menyusun revisi terkait Baku Mutu Emisi Sumber Tidak Bergerak dan revisi ISPU dengan memasukan parameter PM2,5 didalam perhitungan.

Baca juga: Anies Ajukan Dhany Sukma jadi Wali Kota Jakarta Pusat Gantikan Bayu Meghantara

Sebelumnya, pada Agustus 2019 lalu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga telah mengeluarkan Instruksi Gubernur Nomor 66 tetang Pengendalian Kualitas Udara, terdapat tujuh aksi untuk mengendalikan pencemaran udara.

C40 Cities merupakan jaringan yang menghubungkan 97 kota besar dunia yang telah berkomitmen untuk mengambil langkah-langkah progresif terkait perubahan iklim. C40 mewakili lebih dari 700 juta warga di dunia dan seperempat ekonomi global.

Para pemimpin kota anggota C40 berkomitmen untuk mewujudkan tujuan utama Kesepakatan Paris di tingkat lokal, sekaligus untuk menciptakan udara bersih untuk warga kota. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT