ADVERTISEMENT

Pemprov DKI Sabet Dua Penghargaan di Bhumandala Award 2020

Sabtu, 28 November 2020 17:55 WIB

Share
Pemprov DKI Sabet Dua Penghargaan di Bhumandala Award 2020

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Dua penghargaan sekaligus disabet Pemprov DKI Jakarta dalam Bhumandala Award 2020, yaitu Bhumandala Simpul Terbaik dan Bhumandala Kencana Geoportal terbaik katagori provinsi dari Badan informasi Geospial (BIG) RI.

Penghargaan diterima langsung oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, pada Jumat (27/11) malam.

"Pertama, saya ingin sampaikan terima kasih kepada Badan Informasi Geospasial (BIG). Kami menempatkan penghargaan Bhumandala ini bukan semata-mata sebagai sebuah penghargaan untuk kita kejar saja, tetapi untuk kesempatan kita saling belajar dan prosesnya memberikan manfaat bagi kita," ucap Anies.

Baca juga: Raih Penghargaan AHI 2020, Anies Jadi Gubernur Terpopuler se-Indonesia

Dikatakannya, Jakarta sebagai sebuah provinsi memiliki ukuran yang tidak besar sekitar 662 km², namun penduduknya cukup padat dengan 10,3 juta penduduk yaitu 15 ribu orang per km². Dengan kepadatan penduduk tersebut,  Anies menyebut terdapat kompleksitas masalah informasi tata ruang yang butuh diintegrasikan dengan baik. 

Karena itu, sejak 17 Januari 2018,  pentingnya program integrasi data Pemprov DKI Jakarta, bernama Jakarta Satu yang memiliki prinsip 'Satu Peta, Satu Data, Satu Kebijakan'. Melalui integrasi data berbasis peta itulah, seluruh pengambilan keputusan hingga kebijakan harus berbasis data yang terintegrasi.

"Apa salah satu tantangan utama yang kita hadapi? Yang kita hadapi adalah ada rasa kepemilikan atas data yang luar biasa pada setiap pengelola. Setiap SKPD itu tiap unit merasa memiliki data, sehingga mengintegrasikan itu salah satu tantangan terbesar. Dan Alhamdulillah, kemudian kita semua kerja bersama," ujarnya.

Baca juga: DKI Jakarta Raih Penghargaan Inovasi Pengadaan Transparansi Belanja

Gubernur Anies berharap, integrasi data ke depan akan semakin berkembang lebih jauh di DKI Jakarta. Gubernur Anies menyampaikan bahwa Bhumandala Award sejatinya penghargaan atas ikhtiar yang selama ini Pemprov DKI Jakarta kerjakan untuk memastikan informasi data terintegrasi dengan baik dan berbasis peta.

Perlu diketahui, Bhumandala diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti ‘planetary system’ dan menggambarkan bumi sebagai bagian dari sistem tata surya. 

Bhumandala Award ini merupakan penghargaan terhadap upaya pembangunan simpul jaringan informasi geospasial yang diberikan kepada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang dinilai terbaik dalam upayanya mempersiapkan diri dan membangun simpul jaringan.

Baca juga: Anies Copot Wali Kota Jakarta Pusat dan Kadis Lingkungan Hidup

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT