ADVERTISEMENT

Munas X MUI Gelar Pemilihan Ketua Umum Pengganti Ma'ruf Amin

Kamis, 26 November 2020 16:50 WIB

Share
Munas X MUI Gelar Pemilihan Ketua Umum Pengganti Ma'ruf Amin

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Musyawarah Nasional (Munas) X Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan menggelar pemilihan calon ketua umum (Ketum) baru MUI untuk menggantikan KH Ma'ruf Amin, pada malam nanti (26/11).

KH Abdullah Jaidi, menyampaikan bahwa pemilihan jajaran kepengurusan baru dilakukan hari ini dan hasilnya pun dapat diketahui malam ini.

"Tim formatur akan dipilih nanti malam, lalu malam ini juga mereka akan sidang, memilih dewan pimpinan harian dan dewan pertimbangan MUI yang kemudian diplenokan hasilnya malam ini juga,” katanya sesaat sebelum memimpin Pleno Pembacaan Laporan Pertanggungjawaban Pengurus Periode 2015-2020 di Munas X MUI, Jakarta, Kamis (26/11).

Kyai Jaidi mengatakan, tim formatur yang dipilih tersebut akan diisi oleh 17 orang yang mana di antaranya adalah demisioner ketua umum MUI, Prof Dr KH Ma’ruf Amin, sekretaris jendral MUI pusat, dan ketua Dewan Pertimbangan MUI Pusat.

Baca juga: Ma'ruf Amin: Islam Wasathiyah sebagai Landasan Kerja Pengurus MUI

Selain itu, kata Kyai Jaidi, terdapat utusan dari MUI provinsi, ormas-ormas di bawah naungan MUI, utusan perguruan tinggi, dan juga pesantren yang juga akan masuk ke dalam bagan tim formatur.

“Ada juga tujuh orang itu dari MUI provinsi di tujuh zona, dan dari 14 peserta ormas yang hadir offline (luring) akan dipilih lima orang, lalu satu utusan dari perguruan tinggi dan satu utusan dari pesantren,” kata dia.

Dia juga menegaskan bahwa tugas tim formatur tidak hanya untuk pemilihan ketua umum dan mandataris saja, melainkan juga memilih 22 nama untuk menduduki Dewan Pimpinan MUI dan juga tujuh nama untuk menduduki Dewan Pertimbangan (Wantim MUI).

"Ini berbeda dengan ormas-ormas lain yang hanya memilih ketua umum, mandataris, kemudian ketua umum memilih jajarannya. Kalau MUI ini memilih segenap kepengurusan, baik dewan pimpinan MUI maupun wantim MUI,” ujarnya.

Baca juga: Waketum MUI : Munas Momentum Pergantian Kepengurusan MUI

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT