Kasal dam Panglima Kolinlamil Tinjau 2 Kapal Perang Baru Sandar di Dermaga Kolinlamil

Kamis, 26 November 2020 20:15 WIB

Share
Kasal dam Panglima Kolinlamil Tinjau 2 Kapal Perang Baru Sandar di Dermaga Kolinlamil

JAKARTA - 2 Kapal perang baru TNI AL yang akan diresmikan telah sandar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (26/11).

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. didampingi Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) melakukan peninjauan terhadap KRI Teluk Kendari 518 dan KRI Teluk Kupang 519  yang nantinya akan memperkuat armada TNI AL.

2 kapal perang jenis Angkut Tank (AT) ini dibuat putra-putra terbaik bangsa yang dikerjakan oleh perusahaan galangan kapal PT Dok & Perkapalan Kodja Bahari (PT DKB).

Setelah menerima paparan tentang kesiapan 2 kapal perang baru tersebut dari pihak PT DKB Jakarta, Kasal meninjau KRI Teluk Kendari 518 dan KRI Teluk Kupang sekaligus menyaksikan latihan embarkasi Tank BMP 3 F Batalyon Tank Amfibi 1 Marinir (Yontankfib 1 Mar) di Base Plate Dermaga Kolinlamil.

Baca juga: Panglima Kolinlamil Hadiri Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan TNI AL

Menurut Kasal, Pembangunan Kapal perang jenis angkut tank ini merupakan wujud kontribusi TNI Angkatan Laut dalam mendukung kemandirian industri pertahanan dalam negeri, khususnya untuk melewati masa krisis resesi dunia dan kontraksi ekonomi Nasional akibat dari krisis global covid-19.

“TNI AL menambah kekuatan armada kapal perangnya jenis angkut tank yang akan memperkuat Satuan Operasional. Kita berharap kehadiran kedua kapal ini akan meningkatkan performa tugas-tugas TNI Angkatan Laut,” jelas Kasal.

Dari aspek desain dan konstruksi, KRI Teluk Kupang 519 dan KRI Teluk Kendari 518 mengacu pada desain yang sama dengan KRI Teluk Bintuni 520 yang sudah melaut lebih dulu yang berada dibawah kendali Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 2 Surabaya dan merupakan satuan pelaksana Kolinlamil.

Sama seperti KRI Teluk Bintuni 520, kedua kapal perang baru ini terdiri dari 7 lantai yang letaknya secara berurutan dimulai dari bawah yakni deck A merupakan ruang untuk tangki dan ruang pasukan. Paling bawah yakni bottom deck yang menjadi ruang khusus mesin kapal dan deck B untuk pasukan

Baca juga: Kolinlamil Gelar Personel dan Alutsista Persiapkan Peresmian Satlinlamil 3 Makassar

Halaman
Reporter: Trias Haprimita
Editor: Trias Haprimita
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar