Ketua DPR Puan: Perjuangkan Kesejahteraan Guru, Khususnya Honorer

Rabu, 25 November 2020 10:28 WIB

Share
Ketua DPR Puan: Perjuangkan Kesejahteraan Guru, Khususnya Honorer

JAKARTA - Pemerintah diminta untuk meningkatkan perhatian dan kesejahteraan para guru, khususnya pada guru honorer. Ketua DPR RI, Puan Maharani berharap seleksi untuk satu juta guru honorer menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat terealisasi dengan baik pada 2021.

"Peran guru sangat vital dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Ini harus jadi perhatian serius, dan kami di DPR RI akan terus memperjuangkan kesejahteraan guru honorer dan pengangkatan guru honorer menjadi ASN agar segera terwujud," kata Puan dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional, Rabu (25/11/2020).

Seleksi satu juta guru honorer menjadi ASN dengan skema Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) rencananya dimulai pada 2021. Seleksi ini terbuka untuk semua guru honorer di sekolah negeri dan swasta yang terdaftar dalam Data Pokok Pendidikan serta Lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang saat ini tidak mengajar.

“Peringatan Hari Guru Nasional tahun ini harus jadi momentum untuk menegaskan komitmen dan upaya kita dalam meningkatkan kesejahteraan guru sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan kompetensi sumber daya manusia Indonesia,” ujar politisi PDI Perjuangan tersebut.

Baca juga: Pemerintah Buka Rekrutmen Guru Honorer Menjadi ASN Mulai 2021

Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional, Puan juga menyampaikan terima kasihnya pada seluruh guru yang terus berkomitmen mendidik dan mencerdaskan generasi bangsa di tengah pandemi Covid-19.

Tantangan yang dihadapi para guru, kata Puan, semakin bertambah di masa pandemi ini. Para guru diharuskan berinovasi dan kreatif dengan model pembelajaran jarak jauh atau daring, hingga ada yang mengunjungi para siswa-siswinya secara bergantian demi memberikan pendampingan saat belajar di rumah.

"Terima kasih untuk para guru, untuk komitmen terus berbakti di masa-masa yang tidak mudah ini," tutupnya. (rizal/ys)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar