ADVERTISEMENT

Tingkat Kesembuhan dari Covid-19 di Indonesia di Atas 84 Persen

Selasa, 24 November 2020 06:10 WIB

Share
Tingkat Kesembuhan dari Covid-19 di Indonesia di Atas 84 Persen

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Angka kesembuhan, Covid-19 terus meningkat, lebih dari 84 persen per 22 November 2020. Peningkatan ini lebih dari besar satu pekan sebelumnya sebesar 83,92 persen.

Demikian disampaikan Juru Bicara Pemerintah dr Reisa Brotoasmoro dalam keterangan daring, Senin sore (23/11).  Saat ini juga sudah lebih dari 3,5 juta orang di Indonesia yang dilakukan tes PCR menggunakan tes swab test .

"Positivity rate sekitar 14 persen. Artinya, lebih banyak yang negatif (Covid-19) dibandingkan yang terkonfirmasi positif," terang Reisa.

Baca juga: Tingkat Kesembuhan Semakin Baik Berikan Optimisme Lewati Masa Pandemi

Dalam penanganan Covid-19, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah melakukan penguatan tracing atau pelacakan kasus dengan target rasio 1:30. Yakni, jika ada 1 orang pasien yang terkonfirmasi positif, maka 30 orang kontaknya yang akan ditelusuri.

Pelacakan dilakukan secara agresif, mulai dari tingkat kecamatan, terutama di daerah dengan populasi besar atau terjadi kerumunan dengan jumlah massa yang besar.

 "Kemenkes dan Satgas Penanganan Covid-19 telah menurunkan lebih dari 5 ribu pelacak kontak pada 10 provinsi prioritas. Provinsi tersebut ialah Aceh, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Papua. Hasil pelacakan pada 10 provinsi prioritas itu, hingga Minggu,  22 November 2020 lalu, pemerintah sudah mengidentifikasi lebih dari 1600 klaster, " terang Reisa.Reisa menyampaikan seruan dari Satgas Penanganan Covid-19, bagi masyarakat yang merasa berada di situasi berisiko tinggi agar bersedia diperiksa, atau memeriksakan diri secara aktif, dan juga melakukan isolasi mandiri. Agar dapat melindungi orang lain terutama orang-orang yang terdekat.

Baca juga: Secara Nasional Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Jauh di Atas Rata-rata Dunia

"Pelajaran bagi kita yang tidak berada di acara-acara kerumunan dengan tetap disiplin 3M. Hindari menambah kasus aktif per hari ini berjumlah lebih dari 60 ribu pasien. Agar para tenaga kesehatan  dapat berkonsentrasi penuh menyembuhkan pasien. Dan juga agar ruang perawatan intensif ICU tidak tersita oleh pasien Covid-19 dan hindari rugi secara materi, dan hari-hari produktif," pesan Reisa. (johara/win)

 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT