ADVERTISEMENT

Satgas SDA Kecamatan Ciracas Bangun Turap untuk Cegah Longsor

Selasa, 24 November 2020 07:50 WIB

Share
Satgas SDA Kecamatan Ciracas Bangun Turap untuk Cegah Longsor

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

CIRACAS - Tim Satgas Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, membuat turap di Komplek Hankam, Jalan Jambu gang Dukuh RT 002/03 Kelurahan Kelapa Dua Wetan. Dengan adanya turap tersebut, untuk mencegah longsor pada dua saluran air di lokasi tersebut ketika hujan turun.

Pengerjaan pembuatan turap itu sebagai tindak lanjut atas laporan warga ke redaksi Pos Kota yang disampaikan melalui pesan singkat bertuliskan, "Kepada Yth pihak terkait, tolong buatkan turap di komplek Hankam, Kelurahan Kelapa Dua Wetan. Dengan adanya turap pastinya bisa menahan air dan mencegah longsor saluran air yang ada di pemukiman kami. Terima kasih (081633029xxx),"

Kepala Satuan Petugas SDA Kecamatan Ciracas, Sarkam mengatakan, pihaknya telah mengerahkan 15 petugas ke lokasi untuk pembuatan turap. Dimana saat ini, pihaknya tengah membuat turap di lokasi tersebut. "Ada dua turap yang sedang dalam pengerjaan petugas," katanya, Senin (23/11).

Baca juga: Turap Kali Sunter Kembali Longsor, Setahun Terjadi Empat Kali

Dikatakan Sarkam, dua turap yang dibangun pihaknya itu persis berada di Jalan Jambu gang Dukuh RT 002/03 Kelurahan Kelapa Dua Wetan. Diharapkan dengan turap yang sedang dikerjakan itu bisa mencegah longsor dan menahan air.

"Jadi saat hujan turun dan saluran air penuh, nantinya tak meluber ke pemukiman warga," ujarnya.

Sarkam menambahkan, turap yang sedang dalam pengerjaan itu, pertama berukuran panjang 75 meter, dengan tinggi turap 170 sentimeter dan tinggi kaki turap 50 sentimeter. Sedangkan untuk turap di saluran kedua berukuran tinggi 80 sentimeter dan kaki turap 40 sentimeter dengan panjang 14 meter.

"Semuanya masih dalam proses pengerjaan yang dilakukan 15 petugas dari SDA kecamatan," ungkapnya.

Baca juga: BPBD akan Pantau Sejumlah Turap Rawan Longsor di Tangerang Selatan

Upaya pembangunan itu sendiri, sambung Sarkam, terus dikebut pihaknya untuk mengejar waktu. Pasalnya, musim hujan yang sudah datang dan terus turun, membuat pengerjaan harus dilakukan secepat mungkin.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT