ADVERTISEMENT

Refly Harun: Jika Anies Baswedan Terancam Dipidana, Jokowi Juga Bisa Kena

Kamis, 19 November 2020 15:10 WIB

Share
Refly Harun: Jika Anies Baswedan Terancam Dipidana, Jokowi Juga Bisa Kena

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Pakar hukum tata negara Rafly Harun menilai, sedikit berlebihan kalau Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bisa dipidana karena diduga melanggar Undang-Undang Kekarantinaan Kesehatan.

Itu disampaikan Rafly dalam akun YouTube-nya yang ditayangkan pada Rabu (18 /11). "Sedikit berlebihan rasanya kalau menyasar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan pidana. Jadi ini soal yang terkait dengan amanat, dengan bagaimana Anies Baswedan menjalankan pemerintahan di DKI Jakarta," kata Refly.

Dia mempertanyakan tudingan tidak mematuhi Undang-Undang Kekarantinaan Kesehatan, bukankah yang tidak mematuhi itu Habib Rizieq tapi mengapa yang disalahkan Anies Baswedan.

"Kalau memang Anies mau disalahkan bukan tidak mematuhi, tapi tidak menjalankan kewenangan. Jadi perspektif saya bukan pidana tapi politik dan administrasi negara," tegasnya.

Baca juga: Diperiksa Bareskrim Polri, Refly Harun Mengaku Diajak Gus Nur Buat Konten Youtube

Rafly menjelaskan kalau perspektifnya mau dianggap tidak menjalankan kewenangan, maka perspektifnya bukan pidana tapi menjadi politik dan administratif negara.

"Perspektif politiknya tentu DPRD DKI bisa menggunakan hak-haknya, entah itu hak bertanya, interpelasi, angket, dan proses pemberhentian, tentu selain di DPRD DKI juga harus ke MA," ucapnya.

"Tapi itu kalau tidak berlebihan atau diserahkan saja kepada konstalasi politik di DPRD, karena bukan benar atau salah tapi lebih kepada dukungan mayoritas dan minoritas dalam proses politik di DPRD," terang Rafly.

Sedangkan sanksi administratif bisa dilakukan oleh pemerintah. Itupun, kata Refly, sifatnya tidak bisa pemberhentian, tetapi lebih pada sanksi administratif lain seperti mengurangi alokasi dana umum atau dana lainnya.

Baca juga: Bareskrim Akan Panggil Refly Harun, Terkait Dugaan Ujaran Kebencian Gus Nur

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT