ADVERTISEMENT

Pekan Keprihatinan

Kamis, 19 November 2020 06:30 WIB

Share
Pekan Keprihatinan

KASUS positif Covid -19 melonjak, sementara angka kesembuhan merosot.

Lonjakan kasus positif pekan ini mencapai angka 17,8 persen, sedangkan kesembuhan menurun hingga 9,3 persen dibandingkan pekan sebelumnya.

Perkembangan kasus pekan ini menjadi keprihatinan kita semua. Kita sebut pekan keprihatinan karena tidak terjadi pada sebelum- sebelumnya.

Mengutip penjelasan Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, Selasa sore (17/11), peningkatan kasus cukup signifikan.

Baca juga: Jangan Stres, Nanti Kena Covid-19

Kenaikan kasus positif biasanya hanya pada kisaran angka 5 sampai 8 persen saja selama ini. Berarti kenaikan pekan ini lebih dua kali lipat. Begitu pun pelambatan angka kesembuhan lebih besar dari sebelumnya.

Jawa Tengah, Jawa Barat dan DKI Jakarta masih menempati posisi 3 teratas sebagai penyumbang kenaikan kasus positif. Menyusul Banten berada di bawahnya.

Mengapa bisa demikian? Jawabnya keempat daerah tadi adalah provinsi dengan kota-kota besar padat penduduk dan kegiatan sosial ekonominya sudah berjalan.

Maknanya kian padatnya jumlah penduduk, ditambah lagi bertambah sibuknya aktivitas sosial ekonomi masyarakat, membuka potensi terjadinya penularan virus corona.

Baca juga: Urusan Masker, Ibu-ibu Lebih Jago

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT