ADVERTISEMENT

Kasus Positif Covid-19 Secara Nasional Naik 17,8 Persen

Rabu, 18 November 2020 10:58 WIB

Share
Kasus Positif Covid-19 Secara Nasional Naik 17,8 Persen

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA – Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan perkembangan kasus Covid-19 nasional, terjadi peningkatan kasus positif sebesar 17,8%.     

"Peningkatan ini cukup signifikan dibandingkan biasanya, biasanya terjadi kenaikan hanya dikisaran 5 sampai 8 persen saja selama ini," ujar Wiku dalam keterangan di secara virtual dari Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa sore (17/11). 

Ia menambahkan pekan ini, pada 5 besar provinsi, kenaikan kasus tertinggi mencapai 2.377 kasus baru dari Jawa Tengah. Dibandingkan pekan lalu, kenaikan kasus tertinggi berada di Jawa Tengah dengan 919 kasus baru.

Baca juga: Satgas Covid-19 Minta Tindak Tegas Para Pelanggar Prokes

Dari 5 besar provinsi pekan lalu, apresiasi diberikan pada Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat yang pekan ini tidak lagi masuk 5 besar. 

Selain Jawa Tengah, provinsi dengan kenaikan kasus tertinggi pekan ini diantaranya Jawa Barat naik 875 kasus, DKI Jakarta naik 778 kasus, Banten naik 262 kasus dan Lampung naik 204 kasus. Ketiga provinsi teratas diminta segera berbenah. 

"Pekan in, Jawa Tengah, Jawa Barat dan DKI Jakarta masih menjadi masih berada di posisi 3 teratas. Ini adalah hal penting yang harus kita selesaikan. Karena Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI dan Banten adalah provinsi dengan kota-kota besar padat penduduk dan kegiatan sosial ekonominya sudah berjalan," ujarnya. 

Wiku juga menegaskan kepada pemerintah daerah agar menekan angka pertambahan kasus positif. Para pelanggar diminta untuk ditindak tegas pada masyarakat yang berkerumun, dan tidak melaksanakan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: Jokowi Minta Kapolri, Panglima TNI dan Satgas Covid-19 Tindak Pelanggar Protokol Kesehatan

"Jangan sampai apa yang kita alami pekan lalu terulang lagi di pekan ini," tegas Wiku. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT