ADVERTISEMENT

Abang Ojol Bahar Rumah Jauh di Muara Gembong, Mangkal di Kota Tua

Minggu, 15 November 2020 07:15 WIB

Share
Abang Ojol Bahar Rumah Jauh di Muara Gembong, Mangkal di Kota Tua

JAKARTA – Abang pengendara Ojek Online (Ojol) Bahar (45) rumahnya jauh di kawasan Muara Gembong, Bekasi. Namun, ia memilih kawasan Kota Tua, Jakarta, lantaran lebih banyak mendapatkan konsumen.

 Ayah empat anak ini setiap harinya mangkal di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. "Di tempat saya susah dapat penumpang, Pak. Saya dari Muara Gembong menunggu dapat penumpang dulu tujuan Jakarta, baru saya ke Kota Tua. Ya biar bensin irit," kata Bahar, Sabtu (14/11/2020)

Di Kota Tua, kata Bahar dari pagi hingga menjelang malam ia hanya bisa mengumpulkan uang Rp 70 hingga Rp 100 ribu. Praktis uang yang didapatnya itu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Ibaratnya, gali lobang tutup lobang.

Baca juga: Ojol Sepi Orderan, Daripada Gak Makan, Adi Nyambi Dagang Cupang

Kondisi tersebut dialami pengendara Ojek Online (Ojol) Bahar, 45 di tengah sulitnya memenuhi kebutuhan hidup keluarganya ditengah pandemi Covid-19.

Sedangkan sang istri hanya sebagai Ibu rumah tangga. Bahar tidak punya pilihan lain untuk kebutuhan hidup sehingga ia mencari pinjaman ke sejumlah kerabat dan teman-temannya. 

"Bagaimana lagi, ya. Uang segitu gak cukup untuk makan belum lagi biaya sekolah dan bayar token listrik di rumah. Ya pintar-pintar aja cari tempat ngutang kesana-kemari. Ada yang ngasi karena kasian, Pak. Saya baru bayar sedapatnya," tukasnya.

Baca juga: Niat Hati Cari Tambahan Penghasilan dari Ojol, Safiq: Ternyata Sepi juga, Bray!

Kehidupan ekonomi keluarga Bahar mulai terasa saat ia berhenti bekerja di Bandara Soekarno Hatta sebagai pengantar makanan ke Pesawat. Ia berhenti lantaran pihak perusahaan saat itu mengurangi jumlah karyawan pada awal tahun 2020.

Selama menjadi Ojol, Bahar mengaku pemasukannya berkurang semenjak pandemi Covid-19. Sedangkan mencari pekerjaan lain ia tidak memiliki keterampilan dan juga faktor usia.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT