ADVERTISEMENT

Survey Indo Barometer: Nadiem Makarim Menteri Profesional Terbaik

Kamis, 5 November 2020 13:06 WIB

Share
Survey Indo Barometer: Nadiem Makarim Menteri Profesional Terbaik

JAKARTA -  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim tercatat sebagai menteri dari kalangan profesional dengan kinerja terbaik versi Lembaga Survei Indo Barometer. 

Survei yang dilakukan pada 10-17 Oktober 2020 tersebut dilakukan untuk mengukur kinerja 1 tahun pemerintahan Joko Widodo - Ma’ruf Amin dan Covid-19 di Indonesia. 

Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari menuturkan, dalam survei tersebut, pihaknya melontarkan pertanyaan 'sebutkan nama menteri yang menurut responden kinerjanya bagus?

Baca juga: Kinerja Satu Tahun Pendidikan Nadiem Makarim, FSGI Berikan Catatan Ini

Hasilnya, publik menilai lima menteri memiliki kinerja paling bagus. Secara berurutan mereka adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (29,3%), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim (16,3), Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (15,2%), Menteri BUMN Erick Thohir (12,2%), dan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD (8,8%).

Tercatat, empat dari lima menteri terbaik versi survei Indo Barometer tersebut berasal dari kalangan profesional. Hanya Prabowo yang merupakan Ketua Umum Partai Gerindra.

“Kami memiliki breakdown alasan jawaban khusus untuk masing-masing menteri tersebut,” kata Qodari  dalam keteranggannya yang dietrima, Kamis  (5/11/2020).

Baca juga: Hari Guru Sedunia, Nadiem Apresiasi Peran Guru di Masa Pandemi Covid-19

Dalam survei tersebut, kata Qodari, terdapat lima alasan utama publik menilai seorang menteri memiliki kinerja bagus. Yaitu, pintar/intelektual (cerdas), mempunyai jiwa kepemimpinan yang bagus, keputusannya tegas dan lugas, mempunyai hasil kerja nyata dan banyak program terobosan (visi misi ke depan). 

Sebagai menteri dari kalangan profesional, lima alasan utama publik menilai Nadiem sebagai menteri kinerja bagus adalah pintar/intelektual (34,3%), banyak program terobosan (15,6%), mampu meningkatkan pelayanan pendidikan (10,4%), muda berbakat dan energik (10,4%), serta cara kerjanya bagus (5,2%).

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT