Direktur Keuangan BRI Haru Koesmahargyo.

Nasional

BRI Komitmen Terapkan Nilai-Nilai Sosial dan Ekonomi dalam Berbisnis

Rabu 04 Nov 2020, 20:46 WIB

JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. berkomitmen terus menjunjung penerapan nilai-nilai sosial (social values) dan ekonomi (economic values) dalam menjalankan bisnisnya. 

"Karena itu, BRI tidak akan mundur dalam memberi pelayanan terhadap masyarakat, terutama segmen Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)," kata 

Direktur Keuangan BRI Haru Koesmahargyo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (4/11).    

Ia menjelaskan selama ini, BRI banyak menggunakan nilai-nilai sosial dalam berkegiatan yang salah satunya terlihat dari besarnya jumlah nasabah UMKM perusahaan. 

"Komitmen BRI memajukan kesejahteraan masyarakat juga terlihat dari keterlibatan aktif penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR), yang sejak 2015 hingga September 2020 nilainya mencapai Rp422,7 triliun," terang Heru.

Khusus tahun ini, lanjut dia, hingga September lalu sudah ada Rp90,1 triliun dari kuota Rp140 triliun KUR yang disalurkan BRI bagi pengusaha mikro dan kecil. Selain menyalurkan KUR, BRI juga telah merestrukturisasi kredit 2,93 juta debitur senilai Rp191,27 triliun per 26 Oktober lalu.

"Kami tidak ingin membuat social value dan economic value ini menjadi dikotomi. Kami meyakini bahwa keduanya itu sesungguhnya satu arah. Kalau kita memperhatikan social value, maka perusahaan mana pun itu akan bisa sustain,” tambahnya.

Dia menjelaskan penerapan nilai sosial dan ekonomi dalam berkegiatan bisa dilakukan secara bersamaan tanpa dikotomi. Hal ini sudah dibuktikan BRI yang sukses menghadirkan layanan keuangan terbaik bagi nasabah kecil dan di pelosok, serta di sisi lain terjaga profitabilitasnya.

Haru Koesmahargyo berkata, penerapan nilai sosial dan ekonomi secara bersamaan membuat kinerja perusahaan sustain.

Di saat bersamaan, penerapan nilai-nilai ini berdampak pada bergeraknya perekonomian masyarakat, sehingga berujung pada meningkatkan kesejahteraan mereka untuk jangka panjang.

"BRI ke depan akan lebih spesifik turun melayani nasabah mikro dan ultra mikro, karena ternyata memang masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memiliki rekening bank. Kami harap dengan melayani dan penetrasi lebih dalam kepada pelaku usaha bisa memberikan kepastian untuk naik kelas. Hal ini juga bisa memastikan kelangsungan usaha ultra mikro serta UMKM,” ujar Haru dalam diskusi daring. (johara/win)

Tags:
BRI KomitmenbriTerapkan Nilai-Nilai SosialNilai-Nilai SosialEKONOMIsosialdalam Berbisnis

Reporter

Administrator

Editor